Text
Pengaruh metode penemuan dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar se-Kecamatan Setiabudi : studi eksperimen di SDN Menteng Atas 11 Pagi Jakarta Selatan
ABSTRAK
PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING DAN KEMAMPUAN
BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA
JUMHARIYANI
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode penemuan
terbimbing dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan
matematika. Penelitian ini dilakukan di SDN Menteng Atas 11 Jakarta
Selatan pada kelas IV semester dua tahun pelajaran 2015/2016.
Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dianalisis menggunakan
ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan matematika
siswa yang belajar menggunakan metode penemuan terbimbing lebih
tinggi daripada kemampuan matematika siswa yang belajar menggunakan
metode ekspositori; 2) terdapat pengaruh interaksi antara metode
penemuan terbimbing dan kemampuan berpikir kritis terhadap
kemampuan matematika; 3) bagi siswa yang memiliki kemampuan
berpikir kritis tinggi, kemampuan matematika siswa tinggi jika siswa
belajar menggunakan metode penemuan terbimbing; 4) bagi siswa yang
memiliki kemampuan berpikir kritis rendah, kemampuan matematika siswa
tinggi jika siswa belajar menggunakan metode ekspositori. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa metode penemuan terbimbing dan
kemampuan berpikir kritis dapat meningkatkan kemampuan matematika.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Metode Penemuan Terbimbing,
Metode Ekspositori, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Matematika. Bibliografi : lembar 125-127
TM00001532 | TM 1532 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain