Text
Pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan matematika se-Kecamatan Cipayung Jakarta Timur
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA
SEPTI FITRI MEILANA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan matematika. Penelitian ini dilakukan di SDN Cipayung 03 Pagi Kecamatan Cipayung Jakarta Timur pada kelas V semester satu tahun pelajaran 2015/2016 menggunakan cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan melalui tes dan dianalisis menggunakan Analisis Varians (ANOVA) dua jalan dengan desain treatmen by level 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan matematika siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan menggunakan metode ekspositori, (2) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan matematika, (3) bagi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, kemampuan matematika siswa yang diajarkan menggunakan metode belajar sambil bermain lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan menggunakan metode ekspositori, (4) bagi siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, siswa yang diajarkan menggunakan metode belajar sambil bermain lebih rendah daripada siswa yang diajarkan menggunakan metode espositori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran dan motivasi belajar dapat meningkatkan kemampuan matematika.
Kata Kunci: metode pembelajaran, metode belajar sambil bermain, metode ekspositori, motivasi belajar, kemampuan matematika.
Bibliografi : lembar 114-119
TM00001533 | TM 1533 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain