Text
Meaning of rolex advertisements in time magazine
ABSTRAK
DIANDRA MUFADILLAH. 2016. Makna di balik Iklan Rolex di Majalah Time. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan menganalisis makna yang ada pada iklan produk jam tangan Rolex yang muncul di Majalah Time. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan teori semiotika Roland Barthes. Penelitian ini meanganalisis teks visual dan teks tertulis untuk mengungkap makna eksplisit dan implisit pada iklan produk jam tangan Rolex. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah tujuh iklan Rolex yang berbeda di Majalah Time, yang dipublikasikan pada tahun 2014. Setelah melakukan analisis, penelitian ini menemukan bahwa semua gambar, warna, dan teks dalam iklan Rolex mengandung makna eksplisit dan implisit, yang membuat pembaca tertarik terhadap produk yang diiklankan dan berkeinginan untuk membeli dan menggunakan produk Rolex tersebut. Lebih lanjut, makna yang terkandung dalam iklan Rolex, menunjukkan keeleganan, kegagahan, dan kemewahan. Dengan demikian, semua orang dapat mempercayai Rolex sebagai pelengkap gaya berpakaian mereka.
Kata kunci: makna, semiotik, Rolex, iklan, majalah Time
ABSTRACT
DIANDRA MUFADILLAH. 2016. Meaning of Rolex Advertisements in TIME Magazine. English Department, Faculty of Language and Arts, State University of Jakarta.
This study aims to analyze and find out the meaning of Rolex watchmaker advertisement in Time Magazine. This study uses descriptive analytical interpretative method by Roland Barthes Semiotic theory. This study analyzes visual text and written text to reveal the meaning in Rolex watchmaker advertisement. The data source of this study is from seven different printed Rolex advertisement which taken from Times Magazine that published in 2014. After doing the analysis, this study found that every image, color, and text in the Rolex advertisement contain the meaning that makes reader attracted about their product and wish to buy and wear Rolex product. Moreover, the meaning in Rolex advertisement shows the elegance, the beauty, and the luxury of Rolex watch. Thus, everyone can rely on Rolex as a watch to complement their outfit.
Key words: Meaning, semiotic, Rolex, advertisement, Time Magazine
Bibliografi : lembar 80-84
SS00008574 | SK 8574 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain