Text
The use of code glosses in English Department student's skripsi ; hyland's taxonomy
ABSTRAK
FAUZAN AHMAD RAGIL EDI MUMPUNI. 2015. The Use of Code Glosses in English Department Students’ Skripsi; Using Hyland’s Taxonomy. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Code glosses adalah perangkat yang digunakan penulis untuk meyakinkan pembaca untuk mengerti informasi yang telah disampaikan oleh penulis dengan memberikan informasi tambahan melalui penggunaan frasa yang berbeda, penjelasan, atau elaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis, frekuensi kemunculan dan dominasi dari code glosses yang terdapat pada tulisan skripsi yang digunakan oleh mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Inggris pada bagian tinjauan pustaka. Penelitian dilakukan pada bulan April hingga Juni 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. Teori taksonomi code glosses interactive metadiscourse yang diajukan oleh Ken Hyland pada tahun 2007 digunakan dalam analisa data. Data dikumpulkan dari 10 korpus skripsi yang berjumlah 42.848 kata yang diambil menggunakan random sampling berdasarkan program baik pendidikan maupun sastra dari tahun 2010 hingga 2014. Temuan menunjukkan bahwa para penulis menunjukkan kepahaman akan hubungan antar penulis dan pembaca dengan ditunjukkan dengan kemunculan 208 perangkat code glosses dalam tulisan mereka seperti eksplanasi, implikasi, parafrasa, spesifikasi, dan eksempifikasi. Studi juga mengungkap bahwa dari semua fungsi code glosses yang muncul dalam studi, fungsi yang menunjukkan dominasi dan prominasi datang dari fungsi eksplanasi yang menjadi perangkat code glosses yang cenderung penulis gunakan.
Kata kunci : Code Glosses, Skripsi, Interaksi penulis dan pembaca
ABSTRACT
FAUZAN AHMAD RAGIL EDI MUMPUNI. 2015. The Use of Code Glosses in English Department Students’ Skripsi; Using Hyland’s Taxonomy. Skripsi, English Department, Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Jakarta.
Code glosses are devices used by writers to ensure the audience understood the information which has been said by writer by supplying additional information by rephrasing, explaining or elaborating. This study was aimed at identifying the types, frequency and the dominance and prominence of code glosses used on English Department students’. The study was conducted on April to June 2015. The method used in this study is content analysis. Taxonomy of code glosses interactive metadiscourse theory proposed by Ken Hyland in 2007 was used to analyze the data. Data were compiled from 10 corpus of skripsi totaling 42.848 words using random sampling taken based on program either education or literature program on 2010 to 2014. The findings show that the writers were aware of the reader-writer interaction indicated by the appearance of 208 code glosses devices in their writings namely explanation, implication, paraphrase, specification, and exemplification. Also, the study reveals that from all code glosses functions appeared in the study, the dominant and prominent functions came from explanation functions which became code glosses devices that writers preferred to use. Keywords : Code Glosses, Skripsi, Reader-writer interaction
Bibliografi : lembar 45-46
SS00008575 | SK 8575 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain