Text
Hubungan iklim sekolah dan efikasi diri dengan motivasi kerja guru : sebuah studi korelasional di Sekolah Dasar Negeri Segugus 07 Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat
HUBUNGAN IKLIM SEKOLAH DAN EFIKASI DIRI DENGAN
MOTIVASI KERJA GURU
(Studi Korelasional di Sekolah Dasar Negeri Segugus 07 Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat)
SUKRON FUJIATURRAHMAN
sukron_fu@yahoo.com
Mahasiswa S2 Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
Jurusan Pendidikan Dasar
ABSTRAK
Penelitian ini adalah sebuah penelitian korelasional yang bertujuan untuk menemukan hubungan iklim sekolah dan efikasi diri dengan motivasi kerja guru. Suasana lingkungan kerja yang dirasakan para guru kerap berubah dan hal itu berdampak terhadap motivasi kerja guru. Berdasarkan hipotesis yang telah dirumuskan, iklim sekolah dan efikasi diri diasumsikan berhubungan dengan motivasi kerja guru. Penelitian ini menggunakan metode survey, 30 orang guru di SDN segugus 07 dipilih secara acak. Instrumen berupa kuesioner divalidasi melalui uji kepakaran dan perhitungan Pearson Product Moment dan uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan Alpha Cronbach. Verifikasi hipotesis dilakukan dengan analisis regresi melalui uji F dan menemukan model persamaan regresi, dan koefisien korelasi antara variabel iklim sekolah, efikasi diri dengan motivasi kerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara iklim sekolah dengan motivasi kerja guru adalah .886 (α, .05). Hubungan antara efikasi diri dengan motivasi kerja guru adalah .879(α, .05). Ditemukan koefisien korelasi iklim sekolah dan efikasi diri dengan motivasi kerja guru adalah .900 (α, .005). Dapat disimpulkan bahwa iklim sekolah dan efikasi diri berkontribusi dengan motivasi kerja guru. Dengan mempertimbangkan temuan penelitian tersebut, maka diharapkan Kepala sekolah dan guru senantiasa menjaga iklim sekolah agar tetap kondusif, baik dari segi fisik maupun non fisik, sehingga para guru akan merasa nyaman dan tetap bersemangat dalam bekerja dan tentu sekali hal tersebut juga akan berdampak kepada seluruh siswa. Kepala sekolah juga hendaknya memberikan pemahaman terhadap para guru mengenai efikasi diri, pentingnya efikasi diri dan bagaimana meningkatkannya dalam lingkungan kerja.
Kata Kunci: iklim sekolah, efikasi diri, motivasi kerja guru.
Bibliografi : lembar 92-93
TM00001535 | TM 1535 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain