Text
Peningkatan kemampuan menulis cerita pendek melalui pendekatan kontekstual : penelitian tindakan pada siswa kelas V SDN Dukuh 02 Kramat Jati Jakarta Timur
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN
MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL
ABSTRAK
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran menulis cerpen serta peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek melalui Pendekatan Kontekstual. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Dukuh 02 Kramat Jati Jakarta Timur, pada semester pertama tahun pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah 21 siswa kelas V di SDN Dukuh 02 Kramat Jati Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan yang mengacu pada model penelitian Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Pendekatan kontekstual dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis cerpen pada Melalui pendekatan kontekstual siswa memiliki pengetahuan materi cerpen, (2) melalui kemampuan menulis cerpen siswa dapat belajar mengaplikasikan pengalaman hidupnya sebagai sumber belajar dalam menulis cerita pendek melalui pendekatan kontekstual. (3) Melalui pendekatan kontekstual kegiatan menulis cerpen berdasarkan pengalaman diri sendiri merupakan suatu hal yang mendukung terwujudnya keberhasilan menulis cerpen, khususnya dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan menulis.
Kata Kunci : Kemampuan, menulis, cerita pendek
Bibliografi : lembar 122--124
TM00001537 | TM 1537 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain