Text
Efektivitas penggunaan metode mnemonicteknik loci terhadap pembelajaran kanji III (penelitian eksperimen pada mahasiswa semester III jurusan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta tahun akademik 2015/2016
ABSTRAK Dedy Irawan. 2015. Efektivitas Penggunaan Metode Mnemonic Teknik Loci Terhadap Pembelajaran Kanji III Pada Mahasiswa Semester III Tahun Akademik 2015/2016 Jurusan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. Jurusan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Pada prinsipnya setiap pengajaran bahasa bertujuan agar para pembelajar memiliki kemampuan berbahasa. Secara umum kemampuan berbahasa mencakup empat aspek, yaitu kemampuan membaca, kemampuan menulis, kemampuan berbicara, dan kemampuan menyimak. Salah satu permasalahan dalam pembelajaran bahasa Jepang yaitu sering kali terjadi pada proses penghafalan dan penguasaan huruf kanji. Alasannya adalah sulit mengingat banyaknya huruf kanji. Selain itu, metode yang digunakan cenderung membosankan. Dibutuhkan metode yang tepat agar pembelajaran kanji menjadi tidak membosankan dan efektif. Untuk memecahkan masalah tersebut, penulis menggunakan metode mnemonic teknik loci pada pembelajaran kanji bahasa Jepang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan penguasaan kanji mahasiswa sebelum diterapkannya metode mnemonic teknik loci; untuk mengetahui bagaimana kemampuan penguasaan kanji mahasiswa setelah diterapkannya metode mnemonic teknik loci; untuk mengetahui keefektivan pembelajaran kanji setelah diterapkannya metode mnemonic teknik loci; untuk mengetahui tanggapan mahasiswa pada pembelajaran kanji setelah diterapkannya metode mnemonic teknik loci. Metode yang digunakan adalah True Experimental Design. Sedangkan desain yang digunakan adalah Pretest-posttest control group design yaitu dengan membandingkan kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Sampel penelitian berjumlah 53 mahasiswa, dengan kelas eksperimen berjumlah 26 mahasiswa, dan kelas kontrol berjumlah 27 mahasiswa. Tes hasil belajar dianalisis dengan teknik kuantitatif dengan menggunakan data hasil pretest dan posttest antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Setelah dilakukan analisis data, diperoleh hasil uji hipotesis yaitu t hitung > t tabel, berarti hal ini mengidentifikasikan tercapainya efektifitas penggunaan metode mnemonic teknik loci pada pembelajaran Kanji III, dimana nilai t hitung = 3,341 dan t tabel pada taraf signifikasi 5% = 1,684. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa hipotesis kerja (HK) “diterima” dan hipotesis nol (HO) “ditolak”. Berarti terdapat efektifitas penggunaan metode mnemonic teknik loci terhadap pembelajaran kanji III. Kata Kunci : Efektivitas, Metode Mnemonic, Teknik Loci, Kanji
ABSTRACT
Dedy Irawan, 2015. Effectiveness of Mnemonic Method Usage of Loci Technique of Learning Kanji III to Semester 3 University Student of Academic Years of 2015/2016, Japanese Language Department, Faculty of Language and Art, State University of Jakarta
Principally every lingual learning aims to make learners hold lingual capacity. In general, lingual capacity encompasses four aspects, namely capacity of reading, writing, speaking, and understanding. One of problems in Japanese language learning is there is often one on recollecting process and kanji letter mastery. The reason is difficulty of recollecting the ample letters of Kanji. Besides, a method used tends to make one boring. It takes an appropriate method thus Kanji learning will not be boring and will be effective. To solve the problem, writer uses mnemonic method of loci technique in Kanji learning of Japanese
language.
The objective of research is to know how is university student’s kanji mastery before applying for mnemonic method of loci technique; to know is university student’s kanji mastery capacity after applying for mnemonic method of loci technique; to know effective learning of kanji once upon applying for mnemonic method of loci technique; to know university student’s response of kanji learning once upon applying for mnemonic method of loci technique.
Method used is True Experimental Design. Meanwhile design used is
Pretest-postest control group design namely by comparing experiment class with control class. Research sample has a number of 53 students, with experiment class of 26 students, and control class of 27 students. Test of learning result is analyzed by quantitative technique using data of pre-test and post-test result between experiment class and control class. Once upon data analysis is done, it takes hypothesis test result namely tcalculate = 3.341 and ttable of significance level of 5%
= 1,684. Conclusion of this research is that work hypothesis (abbreviated as HK) is “accepted” and zero hypothesis (abbreviated as HO) is “rejected”. This means that there is effectiveness in applying for mnemonic method of loci technique toward the learning of Kanji III
Keywords: Effectiveness, mnemonic method, Loci Technique, Kanji
Bibliografi : lembar 96-98
SS00008580 | SK 8580 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain