Text
Meningkatkan disiplin melalui kegiatan bermain peran : penelitian tindakan di TK B Darusshiddiqien Nahdlatul Wathan Mertak Paok, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, tahun 2012
PENINGKATAN DISIPLIN MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN
(Penelitian Tindakan di TK B Darussiddiqien Nahdlatul Wathan Mertak Paok, Lombok Tengah, NTB. 2012).
AHMAD ZAINUL IRFAN
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan bermain peran dalam meningkatkan disiplin anak TK darsusshiddiqien Nahdlatul wathan martak paok di kabupaten lombok tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakan Mc. Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus satu ada enam kali pertemuan dan disklus dua tiga kali pertemuan. Tahapan penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Ubek penelitian yaitu TK B darusshiqqien nahdlatul wathan mertak paok sebanyak 20 anak. Pengumpulan data menggunakan, lembar observasi, wawancara dan dokumuntasi kegiatan. Hasil dari penelitian ini adalah pada pra intervensi disiplin anak rata-rata 40.36% dan pada siklus I menjadi 66.4% dan siklus II 90.1%. Dan ketercapain proses bermain peran untuk guru 74.1 dan anak 68.6% pada siklus I dan meningkat menjadi 100% untuk guru dan 81.% kegiatan bermain peran terlasana oleh anak. Implikasi dari penelitian ini mengidentifikasi bahwa bermain peran dapat meningkatkan disiplin anak seperti anak mampu bekerjasama dengan kelompoknya, bersabar menunggu giliran, dan melakukan aturan bermain yang diberikan.
Kata Kunci: Disiplin Anak, Bermain Peran, Penelitian Tindakan
Bibliografi : lembar 239-244
TM00001541 | TM 1541 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain