Text
Peningkatan pengetahuan pola makan sehat melalui kegiatan pengenalan gizi : penelitian tindakan di Kelompok B RA AN Nur Kebayoran Baru Jakarta Selatan 2015
RINGKASAN
ZUBAEDAH, PENINGKATAN PENGETAHUAN POLA MAKAN SEHAT
MELALUI KEGIATAN PENGENALAN GIZI (PENELITIAN TINDAKAN
KELOMPOK B AN NUR, KEBAYORAN BARU, JAKARTA SELATAN,
TAHUN 2015)
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses
peningkatan pengetahuan pola makan sehat dan mengetahui sejauh mana
hasil melalui kegiatan pengenalan gizi pada anak TK B An Nur Kebayoran
Baru, Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di TK B An Nur, Kebayoran
Baru, Jakarta Selatan, dengan subjek 10 anak usia 5-6 tahun, dengan 1
orang pengamat. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Maret hingga
April 2015.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas mengacu pada model Kemmis dan Taggart. Yang terdiri dari empat
komponen, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan
(observing), dan refleksi (reflecting). Analisis data yang dilakukan dalam
penelitian ini adalah melalui dua cara yaitu teknik analisis data kuantitatif dan
kualitatif. Data kuatitatif dianalisis menggunakan analisis deskriptif (tabel
frekuensi, rata-rata, presentasi, standar deviasi) sedangkan Analisis data
kualitatif dianalisis dengan (1) data reduction, (2) data display, (3) data
conclusing drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yaitu skor rata-rata
persentase sebesar 32,57% pada pra siklus. kemudian mengalami
peningkatan pada siklus I 29,37% sehingga menjadi 61,94%, selanjutnya dari
siklus I ke Siklus II pengetahuan pola makan sehat pada anak mengalami
peningkatan sebesar 29,23% menjadi sebesar 91,17%. Sehingga total
v
peningkatan pola makan sehat pada anak melalui kegiatan pengenalan gizi mulai dari pra siklus, siklus I sampai siklus II sebesar 58,60%.
Implikasi dari temuan penelitian, bahwa kegiatan pengenalan gizi dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan pola makan segat pada anak sehingga dapat membentuk kebiasaan pola hidup sehat sejak usia dini. Dengan demikian, dikemukakan saran bagi guru PAUD ataupun orang tua dalam meningkatkan hidup sehat pada anak dapat mengunakan kegiatan pengenalan gizi kepada anak. Bibliografi : lembar 123-125
TM00001545 | TM 1545 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain