Text
Peningkatan hasil belajar IPS melalui media gambar perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi : SDN Kalibaru 05 Pagi Jakarta Utara
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA GAMBAR
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN
TRANSPORTASI
(Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas IV SDN Kalibaru 05 Pagi
Jakarta Utara)
LENY ASTUTI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
IPS melalui media gambar teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
siswa kelas IV SD/MI.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas IV SD kalibaru Jakarta Utara dengan jumlah
peserta didik 40 siswa. Masalah yang menjadi fokus penelitian ini adalah (1)
Bagaimana meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS tentang
perkembangan teknologi alat produksi, komunikasi, dan transportasi pada
siswa kelas IV SDN Kalibaru 05 Pagi Jakarta Utara? (2) Apakah penggunaan
media gambar dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS tentang
perkembangan teknologi alat produksi, komunikasi, dan transportasi pada
siswa kelas IV SDN Kalibaru 05 Pagi Jakarta Utara?
Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar IPS
kelas IV SDN Kalibaru 05 Pagi Jakarta Utara dengan menggunakan post test
pada siklus 1 penggunaan media gambar pada KD 2.3.1 sebesar 92,5%
siswa telah mencapai nilai KKM, KD 2.3.2 sebesar 75% siswa mencapai nilai
KKM dan KD 2.3.3 sebesar 90% siswa telah mencapai nilai KKM dan hasil
post test pada siklus ke 2 dengan nilai tetap pada KD 2.3.1 yaitu sebesar
92,5%; KD 2.3.2 terjadi peningkatan menjadi 95% siswa telah mencapai nilai
KKM, dan KD 2.3.3 sebesar 97,5% siswa telah mencapai nilai KKM.
Kata kunci: Hasil Belajar IPS, Media Gambar, dan Penelitian Tindakan Kelas. Bibliografi : lembar 121-123
TM00001590 | TM 1590 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain