Text
Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media kartu kata pada siswa kelas 1 SDN Pademangan Barat 11 Pagi Jakarta Utara
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS 1 SDN PADEMANGAN BARAT 11 PAGI JAKARTA UTARA
khairunnas
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu kata di SDN Pademangan Barat 11 Pagi. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan rekaman. Hasil analisis data diketahui bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca dengan media kartu kata. Pada siklus I kemampuan membaca huruf memperoleh skor rata-rata sebesar 2,33 sudah mencapai kategori cukup, membaca suku kata siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 3,64 sudah mencapai kategori sangat baik, membaca kata memperoleh skor rata-rata sebesar 2,11 sudah mencapai kategori cukup dan kalimat diperoleh skor rata-rata sebesar 1,93 mencapai kategori cukup, sedangkan pada siklus II kemampuan membaca huruf memperoleh skor rata-rata sebesar 2,77 sudah mencapai kategori baik, membaca suku kata siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 2,67 sudah mencapai kategori baik, membaca kata memperoleh skor rata-rata sebesar 2,49 sudah mencapai kategori cukup, dan kalimat diperoleh skor rata-rata sebesar 2,38 mencapai kategori cukup. Dengan demikian bila melihat keseluruhan kemampuan membaca permulaan pada siklus I, siswa yang mendapatkan nilai 75 sebanyak 18 siswa atau 58,06%. Sedangkan pada siklus II, siswa yang mendapatkan nilai 75 sebanyak 27 siswa atau 87,10%. Adapun untuk rata-rata aktivitas guru sebesar 100% dan siswa dalam menerapkan media kartu kata adalah sebesar 80% pada siklus I dan meningkat menjadi 90% pada siklus II. Berdasarkan hasil ini, peneliti menyarankan: 1) Guru, agar lebih sering menggunakan media kartu kata karena akan mempermudah siswa dalam membaca, 2) Siswa, hendaknya lebih banyak melatih diri lagi di rumah dalam meningkatkan kemampuan membaca.
Kata Kunci: Media Kartu Kata, Membaca Permulaan, Penelitian Tindakan Kelas
Bibliografi : lembar 128-131
TM00001592 | TM 1592 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain