Text
The integration of English pronunciation teaching and learning in the speaking skill-related courses : a study at English Departement of State University of Jakarta
ABSTRAK
Septiana, Berry. (2016). Pengintegrasian Pengajaran dan Pembelajaran
Pengucapan Bahasa Inggris dalam Mata Kuliah yang
berkaitan dengan speaking skill. (Sebuah Penelitian di
Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris, Universitas Negeri
Jakarta).
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengintegrasian pengajaran
dan pembelajaran pengucapan Bahasa Inggris dalam mata kuliah yang
berkaitan dengan speaking skill, dimana penelitian ini dilakukan di Program
Studi Bahasa dan Sastra Inggris, Universitas Negeri Jakarta dan melibatkan
5 mata kuliah serta 9 dosen sebagai partisipan. Penelitian ini menggunakan
desain penelitian deskriptif-kualitatif dan menggunakan 3 jenis pengumpulan
data, seperti pengamatan kelas, wawancara, dan analisis dokumen berupa
buku pedoman akademik dan rencana pembelajaran. Selain itu, dari hasil
penelitian ini terdapat 3 temuan yang berhasil diungkap, diantaranya:
Pertama, semua deskripsi mata kuliah pada mata kuliah yang berkaitan
dengan speaking skill secara jelas menyatakan untuk mengintegrasikan
pengajaran pengucapan bahasa Inggris. Tetapi fakta lain menemukan bahwa
materi ajar dan aktivitas pembelajaran yang tercantum pada rencana
pembelajaran tidak mencakup pembahasan mengenai pengucapan bahasa
Inggris. Kedua, berdasarkan hasil pengamatan kelas, semua mata kuliah
yang termasuk dalam speaking skill mengintegrasikan pengajaran
pengucapan bahasa Inggris dalam aktivitas pembelajarannya, dimana dosen
langsung memberikan koreksi jika ada siswa yang salah ucap ketika mereka
sedang membaca dan/atau mempresentasikan tugas mereka. Dan terakhir,
terdapat dua masalah yang dihadapi dosen ketika mengintegrasikan
pengucapan bahasa Inggris dalam aktivitas pembelajaran, yaitu
ketidaksesuain materi ajar dan ketidakcukupan waktu mengajar. Berdasarkan
temuan ini, Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris direkomendasikan
untuk merevisi rencana pembelajaran khususnya pada mata kuliah yang
berkaitan dengan speaking skill. Selain itu, Program Studi Bahasa dan Sastra
Inggris juga direkomendasikan untuk mengolakasikan waktu yang cukup
untuk bisa mengintegrasikan pengucapan bahasa Inggris kedalam kurikulum.
Kata Kunci: Pengintegrasian Pengucapan Bahasa Inggris, Pengajaran dan
Pembelajaran Pengucapan Bahasa Inggris, Model Pembelajaran
Terintegrasi, Mata Kuliah yang Berkaitan dengan speaking skill. Bibliografi : lembar 116-125
TM00001598 | TM 1598 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain