Text
Peningkatan kemampuan berbicara bahasa Prancis melalui model pembelajaran kolaboratif : penelitian tindakan di Program Studi Perhotelan Akademi Pariwisata Jakarta
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARABAHASA PRANCIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF
(Penelitian Tindakan di Program Studi Perhotelan
Akademi Pariwisata Jakarta)
DIAN RUSDIANA
Program Studi Pendidikan Bahasa, PascaSarjana Universitas Negeri Jakarta
Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur 13220
deean.gavan@yahoo.com
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Prancis melalui model pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini merupakan penelitian campuran dengan model penelitian tindakan di Akademi Pariwisata Jakarta. Data penelitian ini diambil pada mahasiswa program studi Perhotelan yang berjumlah 20 mahasiswa dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.Data dikumpulkan melalui pengamatan, lembar observasi dan hasil tes mahasiswa.Dari hasil analisis dan interpretasi data, ditemukan adanya peningkatan terhadap kemampuan berbicara bahasa Prancis mahasiswa, secara kuantitatif ditemukan bahwa kemampuan berbicara bahasa Prancis mahasiswa meningkat dari kegiatan siklus I dan II.Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara bahasa Prancis mahasiswa dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran kolaboratif.Bagi dosen sangat diharapkan agar menggunakan model pembelajaran kolaboratif sebagai salah satu model pembelajaran alternatif dalam mengajarkan kemampuan berbicara bahasa Prancis. Selain itu juga direkomendasikan kepada peneliti lain agar menggunakan penelitian ini sebagai bahan bagi penelitian selanjutnya.
Kata kunci :kemampuan berbicara, model pembelajaran kolaboratif, penelitian tindakan
Bibliografi : lembar 146-148
TM00001567 | TM 1567 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain