Text
Pengaruh lokus pengendalian, efikasi diri, dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika siswa : studi kausal pada siswa kelas X di SMA negeri Jakarta Timur
PENGARUH LOKUS PENGENDALIAN, EFIKASI DIRI, DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA
(Studi Kausal pada Kelas X SMA Negeri Jakarta Timur)
Alifah Muthmainna
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan pengaruh lokus pengendalian, efikasi diri dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan menggunakan tehnik sampling Simple Random Sampling diperoleh sampel sebanyak 200 responden. Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian tersebut yaitu:1) lokus pengendalian, efikasi diri, dan sikap ilmiah mempunyai pengaruh langsung positif terhadap hasil belajar fisika siswa, 2) lokus pengendalian dan efikasi diri mempunyai pengaruh langsung positif terhadap sikap ilmiah siswa. Implikasi kepada siswa dan guru yaitu sebaiknya menciptakan lingkungan belajar yang dapat mengembangkan lokus pengendalian dan efikasi diri untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa.
Keywords:
lokus pengendalian, efikasi diri, sikap ilmiah, hasil belajar fisika siswa. Bibliografi : lembar 146-149
TM00001560 | TM 1560 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain