Text
Pengaruh skoring pada tes pilihan ganda dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar geografi : penelitian eksperimen pada SMA Negeri di Jakarta Pusat
PENGARUH SKORING PADA TES PILIHAN GANDA DAN
MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR
GEOGRAFI
Risa Syukrianda
Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program
Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta
risa.syukrianda@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh skoring pada tes pilihan
ganda dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar geografi. Penelitian
menggunakan metode eksperimen dengan desain treatment by level 2 x 3.
Skoring pada tes pilihan ganda sebagai perlakuan, motivasi berprestasi sebagai
variabel atribut dan hasil belajar geografi sebagai variabel terikat. Sampel
penelitian adalah siswa kelas XI-IIS 3 SMA N 30 Jakarta, siswa kelas Xi-IIS 1
SMA N 77 jakarta dan siswa kelas XII-IIS 1 SMA N 05 Jakarta yang ditentukan
dengan cluster random sampling dengan jumlah responden 72 siswa. Teknik
analisis menggunakan ANAVA dua jalan untuk menguji pengaruh faktor utama
(main effect) dan pengaruh faktor interaksi (interaction effect). Diperoleh hasil
penelitian bahwa reward score dan punishment score lebih efektif meningkatkan
hasil belajar siswa dibandingkan dengan correct score. Dalam memberi tes
pilihan ganda, reward score dan punishment score bisa dijadikan sebagai skoring
yang diprioritaskan khususnya pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi
tinggi, correct score bisa dijadikan sebagai skoring yang diprioritaskan khususnya
pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah.
Kata kunci: penskoran, tes pilihan ganda, motivasi berprestasi, hasil belajar. Bibliografi : lembar 162-166
TM00001565 | TM 1565 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain