Text
Model pembelajaran tata bahasa wechselprapositionen subtema freizeitbeschaftigungen dengan menggunakan permainan interaktif sentence game
ABSTRAK
Mochamad Fadli Fauzie. Model Pembelajaran Tata Bahasa Wechselprӓpositionen Subtema Freizeitbeschӓftigungen dengan Menggunakan Permainan Interaktif Sentence Game. Skripsi. Jakarta: Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Februari. 2016.
Terdapat empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa dalam pembelajaran bahasa Jerman, yaitu keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Dalam pengembangan empat keterampilan berbahasa tersebut diperlukan unsur-unsur penunjang keterampilan berbahasa dan salah satunya adalah tata bahasa. Agar dapat memudahkan siswa untuk berlatih tata bahasa, siswa dilatih dengan menggunakan permainan interaktif sentence game.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun model pembelajaran tata bahasa Wechselprӓpositionen subtema Freizeitbeschӓftigungen dengan menggunakan permainan interaktif Sentence Game. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik studi pustaka.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan, bahwa tahap-tahap model pembelajaran tata bahasa Wechselprӓpositionen subtema Freizeitbeschӓftigungen disusun dalam 3 tahap pembelajaran: (1) Kegiatan Pendahuluan, (2) Kegiatan Inti, dan (3) Kegiatan Penutup. Kegiatan inti terdiri dari 5 kegiatan: (1) Mengamati (Präsentation), (2) Menanya, (3) Mengumpulkan Informasi (Semantisierung, Üben), (4) Mengasosiasi, dan (5) Mengkomunikasikan. Penggunaan sentence game ini diterapkan pada tahap inti kegiatan Üben agar siswa dapat berlatih tata bahasa Wechselprӓpositionen dengan mudah. Pembelajaran tata bahasa dengan model ini disusun dalam satu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan alokasi waktu 4 x 45 menit.
Kata kunci: Wechselprӓpositionen, Sentence Game
Bibliografi : lembar 59-60
SS00009032 | SK 9032 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain