Text
Pengaruh strategi pembelajaran dan kecerdasan matematis logis terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika siswa SMA
ABSTRAK
Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kecerdasan Matematis Logis terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa SMA1
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan kecerdasan matematis logis terhadap hasil belajar siswa SMA. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas II SMA Negeri 12 November Becora-Dili. Penelitian ini menggunakan treatment by level 2x2. Sampel terdiri dari 90 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis varians dua jalur (ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Nilai hasil belajar pada mata pelajaran matematika pada perlakuan strategi pembelajaran STAD lebih tinggi daripada hasil belajar pada mata pelajaran matematika dengan perlakuan strategi pembelajaran langsung di SMA Negeri 12 November. (2). Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan matematis logis terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 12 November. Penelitian ini tidak menguji hipotesis ketiga dan keempat karena tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan matematis logis.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran STAD, Strategi Pembelajaran Langsung, Kecerdasan Matematis Logis, Hasil Belajar dan Pelajaran Matematika.
1 Uatolari-Viqueque-Timor Leste, No HP: 081239516184/+67077513800 e-mail: pintohenrique69@gmail.com
Bibliografi : lembar 103-106
TM00001602 | TM 1602 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain