Text
Pengaruh strategi pembelajaran dan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika Sekolah Dasar kelas VI : suatu studi eksperimen di SD Islam Karya Mukti Kab. Bogor
Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Kecerdasan Logis Matematis
Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar Kelas VI
Krisna Yusdiningtias
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi
pembelajaran dan kecerdasam logis-matematis terhadap hasil belajar
matematika sekolah dasar kelas VI. Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam
Karya Mukti, Bogor.
Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen rancangan treatment
by level 2x2 dengan sampel 36 orang diambil secara simple random sampling
di SD Islam Karya Mukti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar siswa yang
mengikuti strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang
mengikuti strategi pembelajaran ekspositori, (2) terdapat interaksi yang sangat
signifikan antara strategi pembelajaran dan kecerdasan logis matematis
terhadap hasil belajar matematika, (3) terdapat perbedaan yang signifikan
terhadap hasil belajar matematika kelompok siswa yang memiliki kecerdasan
logis matematis tinggi antara yang menggunakan strategi pembelajaran
kontekstual dengan yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, (4)
tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar matematika
kelompok siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah antara
yang menggunakan strategi pembelajaran kontekstual dengan yang
menggunakan strategi pembelajaran ekspositori.
Kata kunci: strategi pembelajaran, kecerdasan logis matematis, hasil belajar
matematika.
Bibliografi : lembar 128-130
TM00001604 | TM 1604 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain