Text
The use of authentic materials in teaching reading (A descriptive qualitative study in SMP Negeri 289 Jakarta)
ABSTRAK
Dyandra Dinni Khafizah. 2015. Penggunaan Materi Otentik dalam Mengajar Membaca (Sebuah Studi Deskriptif Kualitatif di SMP Negeri 289 Jakarta). Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Materi otentik adalah sumber yang tersedia dalam kehidupan sehari-hari dan tidak ditujukan untuk pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki frekuensi dari guru dalam memakai materi otentik selama mengajar membaca dan untuk mencari tahu jenis materi otentik yang guru pakai selama mengajar membaca dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini adalah materi pembelajaran. Data didapatkan melalui rencana pembelajaran dan penyampaian guru. Sumber data berupa rencana pembelajaran dan guru. Untuk tujuan ini, rencana pembelajaran, observasi, dan wawancara terlibat sebagai pengumpulan data. Hasil dari penilitian ini terungkap bahwa frequensi guru dalam materi otentik lebih banyak dari pada materi-bukan otentik dan materi otentik yang digunakan selama mengajar membaca adalah materi otentik cetak dan fiksi.
Kata Kunci: Materi Otentik, Membaca
ABSTRACT
Dyandra Dinni Khafizah. 2015. The Use of Authentic Materials in Teaching Reading (A Descriptive Qualitative Study in SMP Negeri 289 Jakarta). Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Authentic material is source that available in daily life and not for pedagogical purpose. Only few of teacher using authentic materials in this digital and modern era. This study aims to investigate the frequency of teacher using authentic materials during teaching reading and to find out kinds of authentic materials that teacher use during teaching reading by using descriptive qualitative method. The data of this research was learning materials. The data was obtained through lesson plan and teacher’s delivery. The sources of the data are lesson plans and the teacher. For this purpose, lesson plans, observation and interview involved to collect data. Result of this study revealed that teacher is more frequent in used authentic materials than non authentic materials in teaching reading and authentic materials that teacher use during teaching reading is authentic printed material and fiction
Keywords: Authentic Materials, Reading
Bibliografi : lembar 22-23
SS00009043 | SK 9043 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain