Text
Perbedaan hasil belajar fisika dengan penerapan model pembelajaran jigsaw dipadu teknik mencatat mind map dan model pembelajaran direct instruction pada materi dinamika partikel
ABSTRAK
ACHMAD JALIL. Perbedaan hasil belajar fisika dengan penerapan model pembelajaran jigsaw dipadu teknik mencatat mind map dan model pembelajaran direct instruction pada materi dinamika partikel. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar fisika antara yang menggunakan model pembelajaran jigsaw dipadu teknik mencatat mind map dan menggunakan model pembelajaran direct instruction pada materi dinamika partikel. Penelitian ini dilakukan di SMAN 33 Jakarta pada bulan November 2014-Januari 2015. Sampel dari penelitian ini adalah dua kelas, X-MIA 2 sebagai kelas eksperimen pertama dan X-MIA 1 sebagai kelas eksperimen kedua yang masing-masing berjumlah 36 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental. Hasil perhitungan rata-rata hasil belajar pretest dan posttest pada kelas eksperimen pertama sebesar 39,91 dan 55,38. Rata-rata hasil belajar pretest dan posttest pada kelas eksperimen kedua sebesar 40,61 dan 57,77. Hasil pengujian normalitas data dengan chi kuadrat diperoleh data kedua kelompok terdistribusi normal. Hasil pengujian homogenitas dengan uji F diperoleh data kedua kelompok homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α = 0,05. Dari hasil pengujian diperoleh nilai thitung = 0,738 dan ttabel = 2,00. Dapat dilihat bahwa -thitung ≤ -ttabel, maka diperoleh kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran jigsaw dipadu teknik mencatat mind map dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran direct instruction.
Kata kunci : jigsaw, mind map, direct instruction
Bibliografim : lembar 60-62
SS00009109 | SK 9109 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain