Text
Pengembangan bahan ajar matematika berbasis pendidikan karakter dengan pendekatan kontekstual pada materi aritmetika sosial siswa kelas VII SMP Negeri 71 Jakarta
ABSTRAK
ATIEK SULISTIYANTI. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 71 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pembelajaran matematika yang berbasis pendidikan karakter untuk siswa kelas VII SMP. Berdasarkan analisis kebutuhan, materi yang dikembangkan dalam bahan ajar matematika ini adalah aritmetika sosial dengan menggunakan pendekatan kontekstual
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur penelitian dan pengembangan ini terdiri dari lima tahap, yaitu melakukan analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, validasi ahli, uji coba lapangan skala kecil, dan uji coba lapangan skala besar kepada siswa dan guru.
Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan bahasa, persentase rata-rata skor dari tiga validator untuk semua indikator materi dan bahasa yaitu 83,04% maka kategori yang diperoleh sangat baik. Bahan ajar ini dibuat berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 dan Kurikulum 2013, uraian materi sesuai dengan konsep matematika, isi bahan ajar sesuai dengan asas pendekatan kontekstual, serta bahasa yang digunakan dalam bahan ajar sesuai dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Berdasarkan hasil validasi ahli media, persentase rata-rata skor dari tiga validator untuk semua indikator yaitu 82,96% maka kategori yang diperoleh sangat baik. Penyajian dan desain bahan ajar sudah proporsional. Berdasarkan hasil uji coba lapangan skala kecil, persentase rata-rata untuk semua indikator terkait respon positif siswa terhadap penggunaan bahan ajar sebesar 86,86% maka kategori yang diperoleh sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba lapangan skala besar, persentase rata-rata untuk semua indikator terkait respon positif siswa terhadap penggunaan bahan ajar sebesar 89,17% maka kategori yang diperoleh sangat baik. Siswa merasakan adanya manfaat bahan ajar dan tertarik dengan adanya penggunaan bahan ajar. Berdasarkan hasil uji coba lapangan kepada guru, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 86,74% maka kategori yang diperoleh sangat baik. Bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan dan dipahami oleh siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kelayakan untuk digunakan sebagai penunjang pembelajaran.
Kata Kunci: Bahan Ajar Matematika, Research and Development, Berbasis Pendidikan Karakter, Pendekatan Kontekstual, Aritmetika Sosial
Bibliografi : lembar 96-97
SS00009105 | SK 9105 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain