Text
Kemampuan psikomotor dalam pembelajaran tari yamko rambe yamko pada anak tunagrahita ringan kelas 3 SMPLB di SLB C Tunas Kasih 2 Kota Bogor
ABSTRAK
Usi Damayanti. 2016. Kemampuan Psikomotor Dalam Pembelajaran Tari
Yamko Rambe Yamko Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas 3 SMPLB di SLB C Tunas Kasih 2 Kota Bogor. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengumpulkan dan
mendapatkan gambaran mengenai kemampuan psikomotor dalam pembelajaran tari Yamko Rambe Yamko pada anak tunagrahita ringan kelas 3 SMPLB di SLB C Tunas Kasih 2 Kota Bogor.
Latar belakang penelitian ini berisi informasi tentang penyandang
tunagrahita ringan kelas 3 SMPLB di SLB C Tunas Kasih 2 Kota Bogor. Pada umumnya anak tunagrahita ringan merupakan anak yang memiliki keterbatasan intelektual di bawah rata-rata, oleh karena itu anak tunagrahita ringan memiliki kemampuan kognitif yang sangat rendah, dimana pada dasarnya anak tunagrahita ringan dapat dikembangkan melalui kemampuan psikomotor. Dalam hal ini
dengan pembelajaran tari Yamko Rambe Yamko dapat dikembangkan melalui kemampuan psikomotor anak tunagrahita ringan kelas 3 SMPLB.
Penelitian ini telah dilaksanakan di SLB C Tunas Kasih 2 Kota Bogor dari bulan Mei sampai bulan Desember 2015 dengan subyek penelitian ini terdiri dari seorang guru tari dan 5 anak tunagrahita ringan kelas 3 SMPLB dalam pembelajaran tari Yamko Rambe Yamko. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskripstif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa
mencari informasi tentang program pembelajaran tari Yamko Rambe Yamko dengan melihat tingkat kemampuan psikomotor pada anak tunagrahita ringan kelas 3 SMPLB. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipasi, wawancara langsung, studi dokumen dan studi pustaka.
Hasil penelitian bahwa kemampuan psikomotor anak tunagrahita hanya
terdapat pada level meniru dengan menggunakan indikator mengikuti dan mengulangi dan dalam pembelajaran tari difokuskan pada unsur gerak dan hitungan.
Kata Kunci : Kemampuan Psikomotor, Pembelajaran Tari, Tunagrahita
Ringan
ABSTRACT
Usi Damayanti, 2016. Psychomotor ability of Yamko Rambe Yamko Dance Education to mild mentally disability of Third Graders of SMPLB (Junior High School) in SLB C Tunas Kasih 2 of Bogor City. Skripsi, Sendratasik Education Departement of Faculty of Language and Art, State University of Jakarta.
The Research aims to determine, collect and get an idea of psychomotor abilities Yamko Rambe Yamko dance education to mild mentally disability of third graders of SMPLB (Junior High School) in SLB C Tunas Kasih 2 of Bogor City.
The background of this research is information about persons with mild mentally disability of third graders of SMPLB (Junior High School) in SLB C Tunas Kasih 2 of Bogor City, in general disabled student are children who have intellectual limitations below average, which is basically a children can be developed through psychomotor ability. In this case the dance Yamko Rambe Yamko learning can be developed through disable student psychomotor ability of children of third graders SMPLB.
This research has been conducted in SLB C Tunas Kasih 2 Kota Bogor
from May to December 2015 on the subject of this study consisted of a dance teacher and 5 children of third graders SMPLB mild mentally disability in learning dance Yamko Rambe Yamko. The method used in this research is qualitative descriptive.
Data collection techniques used in this research is to find information about learning dance program Yamko Rambe Yamko given the level of psychomotor abilities in mild mentally disability third graders SMPLB. The collection of data used in this study is participatory observation, interviews, document studies and literature.
The results of the study that children with intellectual challenges psychomotor abilities only in imitating level by using indicators to follow and repeat and learning dance focused on elements of movement and count.
Key words: Psychomotoriccaability, Dance Learning and Mild Mentally Disability
Bibliografi: lembar 103-105
SS00008924 | SK 8924 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain