Text
Learning materials used in teaching english at SMPN 216 Jakarta (a content analysis)
ABSTRAK
SUSI SULISTIAWATI, 2016. Materi Pembelajaran yang digunakan dalam Mengajar Bahasa Inggris di SMPN 216 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis materi otentik yang digunakan dalam selama pengajaran bahasa Inggris dan mendeskripsikan aktifitas pembelajaran yang terepresentasikan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan materi otentik. Dalam mengajar bahasa Inggris, guru memerlukan materi yang dapat memfasilitasi kesenjangan antara bahasa yang diajarkan di kelas dan bahasa yang digunakan dalam situasi nyata. Dalam hal ini, Richards (2001) merekomendasikan untuk menggunakan materi otentik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis wacana. Data dari penelitian ini adalah materi pembelajaran, pernyataan guru dari kegiatan pembelajaran, pernyataan guru dari tujuan pembelajaran, dan pernyataan dari bagian Kompetensi Inti 3 dan 4 dalam RPP yang digunakan di semester pertama di SMP kelas delapan. Materi-materi pembelajaran dan pernyataan-pernyataan dalam rencana pelajaran dianalisis dengan menggunakan tabel analisis. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa dari 43 materi pembelajaran yang telah dianalisis yang terdiri dari 12 teks, 2 video, 9 gambar, 9 kartu undangan, dan 11 kartu ucapan selamat, ada 2 materi yang diklasifikasikan ke dalam materi yang otentik. Materi tersebut adalah video motivator Nick Vujicic dan kartu undangan pesta pernikahan. Hasil dari penelitian ini juga menunjukan kegiatan perbelajaran yang terepresentasikan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan Motivator video Nick Vujicic yaitu belajar menulis kemampuan Nick Vujicic setelah menonton video dengan menggunakan "can" sebagai ekspresi menyatakan kemampuan dan mengidentifikasi kartu undangan formal dan undangan informal dari kartu undangan pesta pernikahan yang dibandingan dengan kartu undangan pesta perpisahan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa materi otentik telah digunakan di SMP.
Kata kunci : Materi otentik, Aktifitas Pembelajaran, Rencana Pembelajaran.
ABSTRACT
SUSI SULISTIAWATI, 2016.Learning Materials Used in Teaching English at SMPN 216 Jakarta. A Thesis. Jakarta: English Language and Literature Department. Faculty of Language and Arts State University of Jakarta.
This study was aimed at finding out the kinds of authentic materials used during English teaching and describing learning activities that represented in the lesson plan by using authentic materials. In teaching English, teacher needs learning materials which can facilitate the gap between the language being taught in the classroom and the language used in the real situation. In this case, Richards (2001) recommends to second language teacher to use authentic materials. This study was conducted by using content analysis. The data of this study are the learning materials, teacher’s statements of learning activities (Kegiatan Pembelajaran), learning objectives (Tujuan Pembelajaran)section, and statements ofKompetensi Inti 3 and 4section in the lesson plans that used in the first semester at the grade eight junior high school. The learning materials and those statements in the lesson plan were analyzed by using table analysis. The result of this study found that from 43 learning materials that have been analyzed which consist of 12 texts, 2 videos, 9 pictures, 9 invitation cards, and 11 greeting cards, there were 2 kinds of learning materials that were classified into authentic materials. They were Motivator video of Nick Vujicic and invitation card of wedding party. The results of this study also showed learning activities that represented in the lesson plan by using Motivator video of Nick Vujicic and using invitation card of wedding party were writing Nick Vujicic’s abilities after watching the video by using “can” as the expression in stating ability and identifying formal and informal invitation of the invitation card of wedding party which compared with invitation card of farewell party. The results of this study proved that authentic materials have been used at junior high school.
Key words : Authentic Materials, Learning Activities, Lesson Plans.
Bibliografi: lembar 29-31
SS00009057 | SK 9057 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain