Text
Pengaruh teknik pembelajaran scramble terhadap hasil belajar menulis Bahasa Jerman tema schule siswa SMA kelas X
ABSTRAK
Priska Arianti Putri. Pengaruh Teknik Pembelajaran Scramble terhadap Hasil Belajar Menulis Bahasa Jerman Tema Schule Siswa SMA Kelas X. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Februari 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh teknik pembelajaran scramble terhadap hasil belajar menulis bahasa Jerman tema Schule pada siswa kelas X SMA Negeri 79 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Control Group Pretest-Posttest Design dan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa tes tertulis berbentuk tes rumpang dan instrumen tersebut diuji validitasnya dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment, serta diuji realibilitasnya menggunakan rumus KR-21. Pada pelaksanaan penelitian, pretest dan posttest diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen, yakni kelas yang pada pembelajaran keterampilan menulis dilatih dengan permainan Buchstabenchaos dan kelas kontrol, yakni kelas yang pada pembelajaran keterampilan menulis tidak diberikan perlakuan. Dari hasil penelitian diketahui thitung pada kelas eksperimen sebesar 5,093 dan hasil tersebut dibandingkan dengan tabel harga uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 26, yakni 2,056. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh thitung sebesar 3,924. Dari analisis data tersebut diperoleh hasil, bahwa hasil thitung kelas eksperimen lebih besar dari pada hasil thitung kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini, yaitu model pembelajaran scramble berpengaruh terhadap hasil belajar menulis bahasa Jerman siswa.
Kata kunci: Hasil Belajar, Keterampilan Menulis, Scramble
Bibliografi: lembar 42-43
SS00009065 | SK9065 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain