Text
The relevance between students' English Needs and English learning materials of automotive (teknik kendaraan ringan) Vocational Schools
ABSTRAK
Wildan Aulia Rachman. 2016. Kaitan Antara Kebutuhan Bahasa Inggris Siswa Dan Materi Pembelajaran Bahasa Inggris di SMK Otomotif (Teknik Kendaraan Ringan). Skripsi. Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kesesuaian materi pembelajaran Bahasa Inggris dengan kebutuhan Bahasa Inggris siswa SMK jurusan Otomotif (Teknik Kendaraan Ringan). Penelitian ini melibatkan 338 siswa jurusan Otomotif (Teknik Kendaraan Ringan) dan 15 guru bahasa Inggris di SMK Otomotif di Jakarta, juga 10 praktisi yang bekerja di bidang Otomotif. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah; Seberapa relevankah materi pembelajaran dengan kebutuhan siswa SMK jurusan otomotif? Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan menggunakan 3 instrumen ; kuesioner, wawancara dan observasi. Dari data yang terkumpul melalui instrument tersebut, ditemukan hasil bahwa materi pembelajaran Bahasa Inggris yang dilakukan di kelas Otomotif (Teknik Kendaraan Ringan) tidak semuanya relevan dengan kebutuhan Bahasa Inggris siswa, karena materi Bahasa Inggris yang ada di silabus dan yang diberikan kepada hampir semua SMK itu ditujukan untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam menghadapi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru belum memberi materi pembelajaran secara cukup untuk mendukung siswa di dunia kerjanya nanti, hal ini bisa dilihat dari persentase jawaban siswa terkait kebutuhan tentang materi pembelajaran yang tinggi tetapi persentase jawaban guru terkait materi pembelajaran yang diberikan yang rendah. Hanya tentang tatabahasa, para siswa merasa guru sudah memberi materi pembelajaran yang cukup. Maka dari hasil itu dapat disimpulkan bahwa analisis kebutuhan siswa penting untuk dilakukan di setiap kelas Otomotif (Teknik Kendaraan Ringan) atau di jurusan lain di SMK karena melalui analisis tersebut para guru dapat memahami tentang macam-macam materi dan macammacam aktifitas yang dibutuhkan siswa untuk pekerjaan mereka dimasa mendatang.
Kata Kunci: Bahasa Inggris untuk Kebutuhan yang Spesifik, Analisis Kebutuhan, Otomotif (Teknik Kendaraan Ringan), SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)
ABSTRACT
Wildan Aulia Rachman. 2016. The Relevance Between Students’ English Needs And English Learning Materials Of Automotive (Teknik Kendaraan Ringan) Vocational Schools. Thesis, English Department, Faculty of Language and Arts, State Universtiy of Jakarta.
This study aims to investigate the relevance of English learning materials to the students’ needs of vocational school students majoring in Automotive (Teknik Kendaraan Ringan). This study involved 338 Automotive (Teknik Kendaraan Ringan) students and 15 Automotive (Teknik Kendaraan Ringan) English teachers in vocational schools in Jakarta, also 10 practitioners who work in Automotive field. The research question raised in this study; How relevant are learning materials to the students’ needs of the vocational school students majoring in automotive? The methodology used in this study is a survey technique by employing three instruments; questionnaire, interview, and document analysis. From the data collected through those instruments, the results found that the English learning materials that were conducted in Automotive (Teknik Kendaraan Ringan) were not completely relevant to the students’ English needs, as the English materials provided in the syllabus and given in most of vocational schools are intended to meet the students’ needs only to face the school and national examination. The result of the study shown that the teacher had not given sufficient materials to support the students in their future career, it shown from the percentage of the students answer related to the needs of the materials are high but the percentage of the teachers answer related to the materials given are low. Only in grammar, the students felt that the teachers had given the materials precisely. Therefore it is seen that the needs analysis is very crucial to be conducted in each class of Automotive (Teknik Kendaraan Ringan) or other majors in vocational schools as it lets the teachers understand about the kinds of materials and the kinds of activities needed by the students for their future career.
Keywords: English for Specific Purpose (ESP), Need Analysis, Automotive (Teknik Kendaraan Ringan), Vocational School.
Bibliografi: lembar 61-62
SS00009068 | SK 9068 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain