Text
Meningkatkan kemampuan menari dengan menggunakan model cooperative learning tipe TGT (Teams games tournament) pada ekstrakurikuler seni tari bagi siswa kelas VII SMPN 41 Kota Bekasi
ABSTRAK
AJENG KARTINI SURIANINGRUM. 2016. Meningkatkan Kemampuan Menari dengan Model Cooperative Learning Tipe TGT (Teams Games Tournament) pada Ekstrakurikuler Seni Tari Kelompok Siswa Kelas VII SMPN 41 Kota Bekasi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menari kelompok siswa kelas VII ekstrakurikuler seni tari SMPN 41 Kota Bekasi dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe TGT (Teams Games Tournament) yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan terhadap kemampuan awal menari kelompok siswa kelas VII ekstrakurikuler seni tari SMPN 41 Kota Bekasi. Penelitian dilakukan karena metode dan strategi guru dalam pembelajaran kurang relevan dengan tuntutan kompetensi guru profesional untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam berkemampuan menari.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah penelitian dengan memanfaatkan tindakan nyata. Penelitian ini juga menggunakan desain penelitian model Kemmis dan McTaggart dengan empat komponen penelitian tindakan yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dalam suatu sistem spiral yang saling terkait antara langkah satu dengan langkah berikutnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal kemampuan menari kelompok siswa kelas VII ekstrakurikuler seni tari SMPN 41 Kota Bekasi mencapai skor rata-rata 54%. Kemudian pada akhir kegiatan siklus I menunjukkan bahwa kemampuan menari kelompok siswa kelas VII ekstrakurikuler seni tari SMPN 41 Kota Bekasi meningkat mencapai skor rata-rata 68%. Hasil tersebut masih belum mancapai tujuan pembelajaran, sehingga perlu diterapkan kegiatan silus II dengan pencapaian skor rata-rata 94%. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan sebesar 26% terhadap kemampuan menari kelompok siswa kelas VII ekstrakurikuler seni tari SMPN 41 Kota Bekasi. Dengan demikian penerapan model Cooperative Learning tipe TGT (Teams Games Tournament) sangat efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan menari kelompok siswa kelas VII ekstrakurikuler seni tari SMPN 41 Kota Bekasi.
Kata Kunci : Kemampuan Menari, Model Cooperative Learning Tipe TGT (Teams Games Tournament).
ABSTRAK
AJENG KARTINI SURIANINGRUM. 2016. Improve The Ability Dance Using a Model of Cooperative Learning Type TGT (Teams Games Tournament) in Extracurricular Dance Group Class VII Junior High School of 41 Bekasi. Research. Art of Drama, Dance, and Music Department Language and Art Faculty State University of Jakarta.
The study was conducted with the aim to improve the ability dance group class VII in extracurricular dance Junior High School of 41 Bekasi using a model of Cooperative Learning type TGT (Teams Games Tournament) which is done by conducting observations on the basic abilities dance group of seventh grade students in extracurricular dance Junior High School of 41 Bekasi.
The method used is the method of action research that aims to resolve the problem by using action research. The study also using research design from McTaggart and Kemmis models with four research components of the action plan, action, observation, and reflection in a spiral system of related between one step to another step.
The results showed that in the first conditions, the dancing ability of a group of students in extracurricular dance class VII Junior High School of 41 Bekasi reached an average score of 54%. Then at the end of the first sequence of activities suggests that the ability to dance class VII in extracurricular group dance increased to an average score of 68%. The results are still not reaching the learning objectives, so that needs to be applied activities in 2nd sequence with achieving an average score of 94%. This suggests that an increase of 26% against the dancing ability of seventh grade students in extracurricular group dance Junior High School of 41 Bekasi. This the application of TGT-type model of Cooperative Learning (Teams Games Tournament) is effectively used to enhance the ability of the group dance class VII extracurricular dance Junior High School of 41 Bekasi.
Key Word : The Ability Dance, Model of Cooperative Learning Type TGT (Teams Games Tournament).
Bibliografi: lembar 88-90
SS00009069 | SK 9069 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain