Text
Upaya meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi trigonometri melalui model pembelajaran kooperatif tipe think-pair share (TPS) di kelas X MIA I SMAN 77 Jakarta
ABSTRAK
RIDWAN APRIANSYAH. Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran
Matematis Siswa pada Materi Trigonometri Melalui Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) di Kelas X MIA 1 SMAN 77 Jakarta.
Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika,
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta,
2016.
Berdasarkan hasil observasi dan hasil tes awal kemampuan penalaran
matematis siswa yang dilakukan di kelas X MIA 1 SMAN 77 Jakarta, terlihat
bahwa kemampuan penalaran matematis siswa masih rendah, sehingga
kemampuan tersebut perlu ditingkatkan. Dalam hal ini model pembelajaran
kooperatif tipe TPS dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam
pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas. Model pembelajaran kooperatif
tipe TPS terdiri dari tiga tahap pembelajaran, yaitu think, pair, dan share, dimana
masing-masing tahapannya dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis
siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan penalaran matematis siswa pada materi trigonometri melalui model
pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) di kelas X MIA 1 SMAN 77
Jakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action
research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari empat
tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi. Setiap siklus
pembelajaran matematika pada materi trigonometri menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe TPS. Siswa juga diberikan tes pada setiap akhir
siklus untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini
berlangsung dari bulan April hingga Mei 2015 di kelas X MIA 1 SMAN 77
Jakarta tahun ajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 36 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika pada
materi trigonometri melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat
meningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. Hal tersebut ditunjukkan
dengan adanya peningkatan nilai rata-rata tes kemampuan penalaran matematis di
setiap siklusnya. Rata-rata nilai kemampuan penalaran matematis siswa kelas X
MIA 1 SMAN 77 Jakarta pada penelitian pendahuluan adalah 30,00. Kemudian
pada siklus I meningkat menjadi 61,46, pada siklus II meningkat menjadi 66,43,
dan pada siklus III meningkat menjadi 81,48. Selanjutnya jumlah siswa yang nilai
kemampuan penalaran matematisnya mencapai skor minimal 75 dari maksimal
skor 100 pada tes kemampuan penalaran matematis juga mengalami peningkatan.
Pada penelitian pendahuluan sebanyak 2,78% siswa, pada siklus I meningkat
menjadi 27,78% siswa, pada siklus II meningkat menjadi 47,22% siswa, dan pada
siklus III meningkat menjadi 86,11% siswa.
Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Trigonometri, Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS).
Bibliografi: lembar 159-160
SS00009319 | SK 9319 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain