Text
Peran Guru pendamping pembelajaran IPS untuk anak Tunagrahita (studi kasus di sekolah Inklusi SMPN 118 Jakarta)
ABSTRAK
Denisima Maula Ali, Peran Guru Pendamping Dalam Pembelajaran IPS Untuk Anak
Tunagrahita (studi kasus di SMP N 118 Jakarta). Skripsi. Jurusan pendidikan IPS, Fakultas
Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis pada peran guru pendamping dalam
pendidikan anak berkebutuhan khusus pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dimulai dari
bulan Februari sampai April 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah deksriptif
kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi pustaka.
Dalam penelitian ini peneliti melakukan wawancara pada beberapa informan yang
berhubungan dengan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Peneliti menggali lebih dalam
pada bagaimana peran guru pendamping di sekolah mau pun di rumah serta bagaimana
kegiatan anak berkebutuhan khusus di sekolah mau pun di rumah.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peran guru pendamping sangat penting dalam
pendidikan anak berkebutuhan khusus. Di sekolah guru pendamping sangat membantu guru
pelajaran dalam menyampaikan materi yang belum dimengerti ABK ketika di kelas dan
mampu manangani ABK ketika sedang bermasalah. Selain, di sekolah guru pendamping pun
tetap memberi pembelajaran kepada ABK dengan dibantu guru les ABK. Sekolah Inklusi
memungkinkan siswa berkebutuhan khusus untuk mendapat materi pembelajaran yang sama
tanpa diskriminasi.
Kata Kunci: Anak Berkebuthan Khusus, Guru Pendamping, Sekolah Inklusi.
SS00009314 | SK 9314 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain