Text
Perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan open ended dan pendekatan metaphorical thinking (penelitian kuasi eksperimen di SMP Negeri 97 Jakarta)
Sofia Debi Puspa, Dra. Suprakarti, M. Pd, dan Vera Maya Santi, M. Si Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan open ended dan pendekatan metaphorical thinking. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment (eksperimen semu) dengan teknik pengambilan sampel menggunakan two stage random sampling. Penelitian menggunakan tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) sebanyak 4 butir soal uraian. Perhitungan hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t . Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan open ended lebih tinggi dari siswa yang belajar menggunakan pendekatan metaphorical thinking. Abstract This research aimed at to finding out the comparison of mathematical problem solving ability of students who learn open ended approach and metaphorical thinking approach. Methodology of this research used quasi experiment method and the sampling technique is two stage random sampling. This research only used posttest as a result of the method treatment. There are four numbers of test, which used mathematical problem solving ability test on simultaneous linear equations subject. To prove the hypothesis, researcher used t-test. Based on the t-test result, it can be concluded that mathematical problem solving ability of students who learn with open ended approach is higher than students who learn with metaphorical thinking approach.
Kata kunci: Pendekatan Open Ended, Pendekatan Metaphorical Thinking, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Statistik Uji-t.
Bibliografi : lembar 83-86
SS00009114 | SK 9114 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain