Text
Hubungan antara metakognisi dengan kemandirian belajar biologi siswa pada materi jaringan tumbuhan
ABSTRAK
SRI BUDI LESTARI. Hubungan antara Metakognisi dengan Kemandirian Belajar Biologi Siswa pada Materi Jaringan Tumbuhan.Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Metakognisi merupakan kesadaran seseorang tentang bagaimana cara belajar, kemampuan untuk memecahkan suatu masalah, kemampuan menyadari tingkat pemahaman diri, kemampuan menggunakan berbagai informasi untuk mencapai tujuan, dan kemampuan menilai kemajuan belajar diri sendiri. Metakognisi salah satunya berhubungan dengan kemandirian belajar siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara metakognisi dengan kemandirian belajar biologi siswa pada materi jaringan tumbuhan.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Labschool pada bulan September-Oktober 2015. Metode menggunakan metode deskriptif melalui studi korelasional. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPA dengan sampel sebanyak 90 siswa. Uji prasyarat analisis menunjukkan data normal dan homogen. Uji regresi diperoleh model regresi Ŷ= 3,869 + 0.188X signifikan dan menunjukkan hubungan yang linier. Uji korelasi sebesar 0,501 menunjukkan hubungan yang sedang. Uji koefisien determinasi menunjukkan 25,1% metakognisi memberikan kontribusi pada kemandirian belajar biologi siswa. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan positif antara metakognisi dengan kemandirian belajar biologi siswa pada materi jaringan tumbuhan.
Kata kunci : metakognisi, kemandirian belajar biologi siswa, materi
jaringan tumbuhan
Bibliografi : lembar 53-55
SS00008601 | SK 8601 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain