Text
Hubungan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran dengan keterampilan generiknya pada kegiatan pratikum biologi umum
ABSTRAK
KARUNIA ARINI. Hubungan Partisipasi Mahasiswa dalam Pembelajaran dengan Keterampilan Generiknya pada Kegiatan Praktikum Biologi Umum. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Partisipasi peserta didik dalam berbagai kegiatan belajar merupakan bagian dari proses pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan generik mahasiswa. Kegiatan praktikum dalam mata kuliah biologi umum bertujuan untuk memberikan pengalaman dan keterampilan bekerja di laboratorium melalui percobaan dan pengamatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran dengan keterampilan generiknya pada praktikum biologi umum. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Biologi FMIPA UNJ pada bulan September - November 2015. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara partisipasi mahasiswa dengan keterampilan generiknya dengan rxy = 0,976 pada persamaan Ŷ = -29,689 + 1,254X. Partisipasi memberikan hubungan terhadap keterampilan generik sebesar 95,2%. Proses pembelajaran yang melibatkan peran aktif dan kooperatif antara mahasiswa dengan lingkungannya akan meningkatkan keterampilan generik mereka seperti bertukar informasi, bekerjasama, memecahkan masalah, dan lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan antara partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran dengan keterampilan generiknya pada praktikum biologi umum.
Kata Kunci : biologi umum, keterampilan generik, mahasiswa, partisipasi
Bibliografi : lembar 51-54
SS00008602 | SK 8602 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain