Text
Perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan model reciprocal teaching dan problem posing (eksperimen di SMP Negeri 97 Jakarta)
ABSTRAK
SELLY ANASTASSIA AMELLIA KHARIS. Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika antara Siswa yang Belajar Menggunakan Model Reciprocal Teaching dan Problem Posing. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model reciprocal teaching lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model problem posing. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 97 Jakarta pada siswa kelas VII semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 pada pokok bahasan Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV).
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment (eksperimen semu). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik two stage random sampling. Tahap pertama adalah purposive sampling, dalam hal ini dipilih tiga kelas yang diajar oleh guru yang sama. Kemudian tahap kedua adalah cluster random sampling, dari tiga kelas yang berdistribusi normal, homogen dan memiliki kesamaan rata-rata dipilih dua kelas secara acak sebagai kelas eksperimen I (model reciprocal teaching) dan kelas eksperimen II (model problem posing). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir kemampuan pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan PLSV sebanyak 6 soal uraian. Pengujian validitas menggunakan validitas isi, konstruk, dan empiris. Perhitungan reliabilitas instrumen menggunakan rumus korelasi Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,714 yang termasuk klasifikasi tinggi.
Berdasarkan data hasil penelitian, rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep matematika kelas eksperimen I adalah 70,83 sedangkan kelas eksperimen II adalah 64,35. Hasil pengujian normalitas menggunakan uji Liliefors memperoleh L0 = 0,094 untuk kelas eksperimen I dan L0 = 0,098 untuk kelas eksperimen II, sedangkan Ltabel = 0,148 dengan taraf signifikansi
SS00008603 | SK 8603 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain