Text
Pengembangan bahan ajar matematika berbasis website pada pokok bahasan transformasi geometri kelas XI SMK Negeri 26 Jakarta
ABSTRAK
UTARI DYAH HARDIYANTI. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Website pada Pokok Bahasan Transformasi Geometri Kelas XI SMK Negeri 26 Jakarta, Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Pendidikan merupakan suatu proses komunikasi dan informasi antara guru kepada siswa yang berisi informasi-informasi pendidikan, yang memiliki unsur-unsur: pendidik sebagai sumber informasi, media sebagai sarana penyajian ide, gagasan, dan materi pendidikan, serta siswa itu sendiri. Pembelajaran akan berlangsung dengan baik jika didukung dengan sumber belajar dan media yang tepat. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa dan guru yang dilakukan dengan observasi lapangan, menyebarkan angket kepada siswa, dan wawancara guru di SMK Negeri 26 Jakarta, diketahui bahwa pokok bahasan transfromasi geometri merupakan pokok bahasan yang dianggap cukup sulit oleh siswa sehingga diperlukan alternatif sumber belajar yang efektif dan efisien untuk membantu proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar matematika berbasis website dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan transformasi geometri untuk mendukung proses pembelajaran serta dapat digunakan sebagai sumber belajar matematika siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) secara mandiri tanpa dibatasi ruang dan waktu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur penelitian pengembangan ini terdiri dari tiga hal penting, diantaranya penelitian pendahuluan atau analisis kebutuhan, proses perencanaan dan pengembangan produk, serta uji coba produk yang terdiri dari uji coba ahli materi dan bahasa serta ahli media dan revisi, uji coba guru serta uji coba satu-satu dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan revisi produk.
Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan bahasa terhadap bahan ajar matematika berbasis website, presentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 87,25%. Selanjutnya pada tahap uji coba ahli media terhadap bahan ajar matematika berbasis website, presentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 88,25%. Pada tahap uji coba untuk guru terhadap bahan ajar matematika berbasis website, presentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 85%. Selanjutnya pada tahap uji coba satu-satu terhadap bahan ajar matematika berbasis website, presentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 87,5%. Pada tahap uji coba kelompok kecil terhadap bahan ajar matematika berbasis website, presentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 89%, serta pada tahap uji coba kelompok besar terhadap bahan ajar matematika berbasis website, presentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 84,5%. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa secara umum bahan ajar matematika berbasis website yang telah dikembangkan adalah sangat baik dan memenuhi kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Bahan Ajar Matematika Berbasis Website, Pendekatan Saintifik Research and development, Transfromasi Geometri
Bibliografi : lembar 97-98
SS00008606 | SK 8606 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain