Text
Pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap sikap ilmiah IPA Siswa kelas V SD Negeri (studi Eksperimen di Kelurahan Rawamangun jakarta Timur)
PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND
LEARNING (CTL) TERHADAP SIKAP ILMIAH IPA SISWA KELAS V SD
NEGERI
(Studi Eksperimen Di Kelurahan Rawamangun, Jakarta Timur)
Riski Noviandi
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
E-mail: riskinoviandi.sn@gmail.com
Abstrak, Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendekatan
Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap sikap ilmiah IPA siswa kelas V SD.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rawamangun 01 Pagi dengan sampel siswa kelas V
pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan menggunakan
teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
data dengan menggunakan liliefors dan homogenitas kelas menggunakan barlet. Hasil
pengujian normalitas dan homogenitas menunjukan bahwa data berdistribusi normal dan
kedua kelas homogen. Selanjutnya dianalisa dengan uji t. Hasil penghitungan uji-t
diperoleh harga thitung sebesar 3,81. Harga ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05 dan
dk = 39 adalah 1,68. Oleh karena itu harga thitung lebih besar dari pada ttabel
(3,81>1,68) maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, penerapan pendekatan
Contextual Teaching And Learning (CTL) berpengaruh secara signifikan terhadap sikap
ilmiah IPA siswa kelas V SD.
Kata Kunci: Pendekatan Contextual And Learning (CTL), sikap ilmiah IPA kelas V SD.
Bibliografi: lembar 82-83
SS00009224 | SK 9224 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain