Text
Pengaruh penerapan model pembelajaran think talk write terhadap pemahaman konsep siswa SMA pada materi sistem sirkulasi
ABSTRAK
RIA LESTARI. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMA Pada Materi Sistem Sirkulasi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Model pembelajaran Think Talk Write merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa karena model pembelajaran ini mendorong siswa untuk menemukan sendiri konsep yang dipelajari melalui kegiatan berpikir, berbicara dan menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think Talk Write terhadap pemahaman konsep siswa SMA pada materi Sistem Sirkulasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 9 Jakarta pada bulan November 2015. Metode pada penelitian adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest and posttest control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep pada materi Sistem Sirkulasi. Data yang digunakan adalah skor tes pemahaman konsep Sistem Sirkulasi. Berdasarkan uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas (uji Kolmogorov-Smirnov) dan uji homogenitas (uji F) menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t dan didapatkan nilai p < α maka tolak H0 pada α = 0,05 yang berarti penerapan model pembelajaran Think Talk Write berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Sistem Sirkulasi.
Kata Kunci: model pembelajaran Think Talk Write, pemahaman konsep, Sistem Sirkulasi
Bibliografi : lembar 82-85
SS00008609 | SK 8609 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain