Text
Morphological error in the English department students' skripsi introduction
ABSTRAK
Yusuf Fauzi Akhsani. 2015. Kesalahan Morfologi di dalam Skripsi Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu kesalahan morfologi yang dilakukan oleh mahasiswa pada penulisan skripsi mereka. Data didapat dari 40 skripsi mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris dari tahun 2012 sampai tahun 2015 khususnya pada bagian Pendahuluan. Data yang didapat kemudian dianalisa menggunakan Taksonomi Strategi Permukaan Dulay (1982). Sebagai tambahan, penelitian ini juga memaparkan frekwensi kesalahan Arikunto (2006) yang ditunjukkan pada persentase yang dibagi berdasarkan empat tipe kesalahan diatas. Penelitian ini juga menguraikan penyebabpenyebab kemungkinan di balik empat kesalahan berdasarkan teori Touchie (1986). Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa ada empat kesalahan morfologi yang muncul yaitu, omission, addition, misformation and misordering. Misformation merupakan jenis kesalahan yang paling banyak terjadi dengan jumlah kesalahan sebanyak 45 (44.5%). Disusul oleh omission dengan 38 (37.8%) kesalahan, lalu addition 16 (15.8%) kesalahan dan yang terakhir misordering 2 (1.9%) kesalahan. Kata kunci: kesalahan morfologi, analisis kesalahan, kesalahan, jenis-jenis kesalahan, sebab-sebab kesalahan, skripsi mahasiswa.
ABSTRACT Yusuf Fauzi Akhsani. 2015, Morphological Error in the English Department Students’ Skripsi Introduction. Skripsi. Department of English Language and Literature, Faculty of Language and Arts, State University of Jakarta. This study aims to find out the morphological error the students have committed in writing their skripsi. The data were obtained from 40 skripsi of the English Department student from year 2012 until year 2015 especially in the introduction part. The obtained data were analyzed using Surface Strategy Taxonomy proposed by Dulay (1982). In addition, this study also provides the frequency of errors based on Arikunto formulae (2006) shown in percentages which are divided based on the four types of error above. The study also outlines the possible causes behind four errors based on the theory of Touchie (1986). The findings indicate that there are four types of error found: addition, omission, misformation and misordering. Error in the misformation is on the top of the list by the number of 45 errors (44.5), followed by omission errors by the number of 38 errors (37.8%), and the addition by the number of error 16 (15.8%) and the misordering 2 errors (1.9%). The cause of the error is dominated by intralingual error with 99 errors (98%), while interlingual errors are only 2 (2%). Keywords: morphology error, error analysis, error, types of error, causes of error, students' skripsi.
Bibliografi : lembar 48-49
SS00008614 | SK 8614 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain