Text
Etika tokoh utama dalam fabel karya Jean De La Fontaine
ABSTRAK
ANDRAWINANING TYAS RARAS. 2015. Etika Tokoh Utama dalam Fabel Karya Jean de La Fontaine. Skripsi, Program Studi Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Latar belakang pada penelitian ini adalah masih sedikitnya mahasiswa Program Studi Bahasa Prancis yang meneliti fabel dibandingkan dengan novel atau roman. Fabel Jean de La Fontaine dipilih karena tidak hanya moral saja yang dapat ditemukan, tapi juga terdapat pesan kritik tentang tingkah laku didalamnya. Kemudian penulis tertarik meneliti etika karena etika merupakan ajaran filosofis tentang tingkah laku yang baik sehingga sebagai mahasiswa khususnya calon guru patutnya mempelajari dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah tokoh utama serta etika ditinjau dari keutamaan intelektual dan keutamaan etis dalam fabel karya Jean de La Fontaine. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi dan dengan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman.
Dalam proses penelitian, digunakan skema aktan dan model fungsional dari Greimas untuk menentukan tokoh utama. Kemudian penulis mencari etika tokoh utama menggunakan teori Aristoteles yang ditinjau dari keutamaan intelektual dan keutamaan etis yang terdapat dalam enam fabel karya Jean de La Fontaine. Penelitian ini menghasilkan data bahwa terdapat dua tokoh utama tiap fabel yang diteliti. Kemudian pada keutamaan etis, kategori yang banyak adalah keberadaban dan yang sedikit adalah keberanian, persahabatan, kemurahan hati. Sedangkan pada keutamaan intelektual, yang kategori yang banyak adalah akal dan yang sedikit adalah kebijaksanaan.
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu etika yang paling banyak muncul pada tokoh utama adalah keutamaan etis dengan kategori keberadaban yang paling dominan muncul.
Kata Kunci : Etika, Fabel, Tokoh.
ABSTRACT
ANDRA WINANING TYAS RARAS. 2015. Ethics of Main Figures in The Fable of Jean de La Fontaine. Essay, French Language Studies Program, Faculty of Language and Art, State University of Jakarta.
The background of this research is still at least students of French who examined fable than novels or romance. Fables of Jean de La Fontaine selected because not only moral course that can be found, but there is also a message of criticism about the behavior therein. Then the authors interested in examining ethics because ethics is the philosophical teachings of good behavior so that a particular student teacher candidates can learn and practice it in our daily lives.
The formulation of the problem in this research is how the main character and virtue ethics in terms of intellectual and ethical virtues in the fable by Jean de La Fontaine. This study used a qualitative approach with descriptive content analysis methods and techniques of data analysis by Miles and Huberman.
In the process of research, writer used actant scheme and a functional model of Greimas to define the main character. Then the authors seek ethical main character using Aristotle's theory that in terms of the intellectual virtues and ethical virtues contained in six fable by Jean de La Fontaine. This study produced data that there are two main characters of each fable studied. Later on ethical virtue, a category that many are civility and little is courage, friendship, generosity. While the intellectual virtues, the category that many are reasonable and that little is wisdom.
The conclusion of this research is the most widely ethics appears on the main character is an ethical virtue with the civility of the most dominant category appears. Keywords: Ethics, Fable, Main Figures
Bibliografi : lembar 106-107
SS00008618 | SK 8618 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain