Text
Representasi pengarang pada tokoh utama dalam novel mengejar-ngejar mimpi karangan Dedi Padiku dengan pendekatan sosiologi pengarang dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA
ABSTRAK
SEPTI WULANDARI PALISTIN: Representasi Pengarang pada Tokoh Utama dalam Novel Mengejar-ngejar Mimpi Karangan Dedi Padiku dengan Pendekatan Sosiologi Pengarang dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui represtasi pengarang pada tokoh utama dalam novel Mengejar-ngejar Mimpi karangan Dedi Padiku dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Objek penelitian ini yaitu novel Mengejar-ngejar Mimpi karangan Dedi Padiku. Penelitian ini difokuskan pada sosiologi pengarang dalam novel tersebut. Instrumen penelitian ini ialah peneliti sendiri, dibantu dengan tabel analisis dan pedoman wawancara. Pendekatan penelitian ini dengan menggunakan teori sosiologi sastra yakni teori sosiologi pengarang dengan 5 aspek, yaitu status sosial pengarang, ideologi sosial pengarang, latar belakang sosial budaya pengarang, masyarakat pembaca yang dituju pengarang, dan mata pencaharian pengarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh utama pria pada novel Mengejar-ngejar Mimpi karangan Dedi Padiku bermuatan sosiologi pengarang: (1) status sosial pengarang yang mendapatkan kedudukannya sebagai hasil perjuangan, (2) ideologi sosial pengarang yang memandang hidup ialah sebuah perjuangan, (3) latar belakang sosial budaya pengarang mencakup tempat asal kelahiran, pendidikan, keluarga, dan budaya, (4) masyarakat pembaca yang dituju ialah semua kalangan pembaca, dan (5) mata pencaharian pengarang yang bekerja rangkap. Ditinjau dari pembelajaran sastra, penelitian ini dapat dikaitkan dengan materi ajar tentang novel dengan unsur intrinsik dan ekstrinsiknya, khususnya tokoh dalam novel yang dipelajari. Materi tersebut tertera pada pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII, KD 3.1 Memahami struktur dan kaidah cerita fiksi dalam novel, serta KD 4.1 Menginterpretasi makna teks novel.
Kata Kunci: sosiologi pengarang, tokoh utama, pembelajaran sastra
ABSTRACT
SEPTI WULANDARI PALISTIN: Representation Author on the Main Character in a Novel Mengejar-ngejar Mimpi of Dedi Padiku by Approach Sociology Author and Implications for Learning Literature in Senior High School. Skripsi. Course Education Language and Literature Indonesia. The Faculty Language and Art. State University of Jakarta, 2016 .
Research aims to understand representation author on the main character in a novel Mengejar-ngejar Mimpi of Dedi Padiku and implications for learning literature in high school. This research used the qualitative descriptive with the analysis techniques. The object of this study is novel Mengejar-ngejar Mimpi of Dedi Padiku. This study focused on sociology author in the novel. Research instruments is own research, assisted by table analysis and interview guidelines. Approach this research using literary theory sociology at the theory of sociology author with 5 aspects, namely social status, ideology social author, background social and cultural author, the community readers that intended author, and livelihoods author. This research result indicates that the main figure in men at novel after a dream a wreath of Dedi Padiku charged sociology author: ( 1 ) social status author who get in position as a result struggle, ( 2 ) ideology social author who view life is a struggle, ( 3 ) background social and cultural author includes the site of origin birth, education, family, and culture, ( 4 ) the people readers that intended is all quarters readers, and ( 5 ) livelihoods author who works copies .In terms of learning literature, this research attributable with matter teaching about novel with the elements intrinsic and ekstrinsic, especially figures in a novel learned. The material was on learning literature in high school senior class xii, KD 3.1 understanding the structure and rules fictional story in the novel, and KD 4.1 interpretetion novel the meaning of the text .
Keyword: sociology author, the main figure, literary learning
Bibliografi : lembar 115-116
SS00008619 | SK 8619 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain