Text
The use of interactive metadiscourse in speech performances of english Department UNJ Students
ABSTRAK
Dhanti Praspani Pramadita Heswarini, Penggunaan Interactive Metadiscourse dalam Pidato oleh Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UNJ. Skripsi, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Skripsi ini merupakan penelitian content analysis yang menganalisis tipe-tipe interactive metadiscourse dan juga tipe yang paling dominan digunakan oleh mahasiswa jurusan Bahasa Inggris pada saat berpidato untuk mengetahui pemakaian umum metadiskurs interaktif dalam pidato. Data penelitian ini berjumlah 16 pidato dari mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris tahun ajaran 2013. Penelitian ini dilakukan berdasarkan klasifikasi interactive metadiscourse yang dicetuskan oleh Hyland (2004). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan Sastra Inggris menggunakan kelima tipe interactive metadiscourse pada pidato mereka, seperti: (1) transition marker (542 kata dari 810 atau 67% dari keseluruhan penggunakan interactive metadiscourse), (2) frame marker (243 kata dari 810 atau 30% dari keseluruhan penggunakan interactive metadiscourse), (3) endophoric marker (2 kata dari 810 atau 0.25% dari keseluruhan penggunakan interactive metadiscourse), (4) evidential (6 kata dari 810 atau 1% dari keseluruhan penggunakan interactive metadiscourse), dan (5) code glosses (17 kata dari 810 atau 2% dari keseluruhan penggunakan interactive metadiscourse). Dari hasil yang didapat, dapat disimpulkan bahwa dari kelima tipe interactive metadiscourse yang ditemukan pada bagian latar belakang skripsi, transition marker merupakan tipe yang paling sering digunakan yang diperkirakan karena fungsinya untuk menciptakan kalimat yang berkesinambungan sehingga memudahkan pembaca memahami lebih baik.
Kata Kunci:, Interactive Metadiscourse, Metadiscourse.
ABSTRACT
Dhanti Praspani Pramadita Heswarini. 2015. The Use of Interavtive Metadiscourse in Speech Performances of English Department Students. Thesis, English Department, Faculty of Language and Arts, State University of Jakarta.
This study is a content analysis which analyzes types of interactive metadiscourse as well as the most dominant type used by English Department students in their speech performances to investigate the interactive metadiscourse uses in the speech. The data of this study are 16 speech performances of English Department year 2013 students. For analysis framework, the study holds over Hyland’s classification of interactive metadiscourse (2004). The result of this study reveals that English Department students used all interactive metadiscourse marker in their speech performances as follow: (1) transition marker (542 words of 810 or 67% of all interactive metadiscourse uses), (2) frame marker (243 words of 810 or 30% of all interactive metadiscourse uses), (3) endophoric marker (2 words of 810 or 0.25% of all interactive metadiscourse uses), (4) evidential (6 words of 810 or 1% of all interactive metadiscourse uses), and (5) code glosses (17 words of 810 or 2% of all interactive metadiscourse uses). From the result, it is concluded that among the five types of interactive metadiscourse found in the speech performance, transition markers is the most often used which is expected due its function to create more coherent sentences for the audience to understand the speech better.
Keywords: Interactive metadiscourse, Metadiscourse
Bibliografi: lembar 33-35
SS00009263 | SK 9263 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain