Text
Penerapan ROI level 3 dan 4 untuk mengevaluasi program after training service di PT.Fastfood Indonesia Tbk
Penerapan ROI Level 3 dan 4 Untuk Mengevaluasi Program After Training Service di PT. Fastfood Indonesia Tbk
Dyna Dwiani Putri
ABSTRAK
Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penerapan program After Training Service (ATS) dalam meningkatkan kualitas kinerja untuk Pekerja Kontrak Waktu Tertentu di PT. FASTFOOD INDONESIA Tbk. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Return On Investment dengan orientasi pada intangible benefit. Tolak ukur atau kriteria keberhasilan program after training service adalah pekerja kontrak waktu tertentu memiliki kualitas kinerja berupa skill, attitude, dan knowledge dalam kategori sangat baik dengan pencapaian 80-100% dalam setiap aspeknya sehingga dapat menjadi karyawan PT. Fastfood Indonesia Tbk yang berkompeten. Penelitian ini melibatkan beberapa pihak sebagai penilai kinerja pekerja kontrak waktu tertentu yaitu atasan, konsumen dan pekerja kontrak waktu tertentu section cashier. Data penelitian ini diperoleh dari 8 orang pekerja kontrak waktu tertentu section cashier dan 40 orang konsumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa program after training service tidak efektif dalam meningkatkan kualitas kinerja pekerja kontrak waktu tertentu. Hal ini dilihat dari aspek yang dinilai yaitu, skill, attitude dan knowledge pekerja kontrak waktu tertentu yang masih dalam kategori baik jika berdasarkan angket yang telah disebar, dan hal ini masih tidak sesuai dengan tujuan awal program ini. Implikasi dari penelitian ini adalah dapat menjadi bahan evaluasi dan salah satu acuan dalam pengambilan keputusan terhadap keberlangsungan program after training service.
Kata Kunci: evaluasi, evaluasi program, peningkatan kinerja, return on investment, intangible benefit, program after training service, PT. Fastfood Indonesia Tbk.
Bibliografi : lembar 97-99
SS00008854 | SK 8854 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain