Text
Pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD Negeri di kelurahan Rawamangun Jakarta Timur
PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SD NEGERI KELURAHAN RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR.
(2016)
Agustina Detik Merdekawati
ABSTRAK.
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pendekatan contextual teaching and learning terhadap pemahaman ilmu pengetahuan alam pada kelas V materi gaya.
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Rawamangun 05 Pagi dengan sampel siswa kelas V pada semester II tahun pelajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan meenggunakan teknik Simple Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain posstest-Only-Control Design yang memiliki dua grup yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi yang dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh thitung = 7,54 dan ttabel = 1,67 dengan dk = Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan contextual teahing and learning dapat dijadikan sebagai salah satu pendekatan dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V SD. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap siswa sehingga dapat merancang kegiatan pembelajaran yang bervariasi dalam pelajaran ipa untuk dapat meningkatkan pemahaman konsep ipa siswa kelas V SD.
Kata Kunci : Pendekatan contextual teaching and learning pemahaman konsep ipa siswa kelas V SD.
Bibliografi : lembar 65-67
SS00009161 | SK 9161 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain