Text
Pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas V SD Negeri di kelurahan Rawamangun Jakarta Timur
PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA KELAS V SD NEGERI DI KELURAHAN RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR
(2016)
Marce Yopa
ABSTRAK
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas V SD Negeri di Kelurahan Jakarta Timur. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Rawamangun 01 Pagi Jakarta Timur sebanyak 68 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Uji persyaratan analisis yang digunakan adalah uji homogenitas Lilliefors dan uji homogenitas dengan uji-F. taraf signifikan menunjukkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil perhitungan dan analisis data digunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05. Penelitian menunjukkan bahwa tes hasil kelas kontrol dan eksperimen dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung (6,26) dan ttabel (1,697) atau thitung > ttabel maka H0 ditolak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang siginifikan antara siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas V SDN di Kelurahan Rawamangun Jakarta Timur.
Kata Kunci : Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas V SDN.
Bibliografi : lembar 59-61
SS00009162 | SK 9162 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain