Text
Terbentuknya karakter hindu pada anak usia 5-6 tahun (studi etnografi di kelompok B TK Pertiwi Abhilasa Rawamangun, Jakarta Timur
TERBENTUKNYA KARAKTER HINDU
PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
(Studi Etnografi di TK Pertiwi Abhilasa Rawamangun,Jakarta Timur)
(2015)
Luh Ray Saraswati
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran informasi dan data empiris mengenai karakter Hindu pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Abhilasa Rawamangun, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif etnografi dan dilaksanakan pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Abhilasa Rawamangun, Jakarta Timur. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Spradley yang meliputi analisis domain, taksonomi, komponensial, dan analisis tema budaya. Pemeriksaan data dilakukan dengan triangulasi data dan member check. Temuan hasil penelitian menunjukkan karakter Hindu anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Abhilasa yaitu : 1) Sikap beragama mulai muncul pada anak melalui kegiatan memimipin doa. 2) Sopan santun yang muncul menumbuhkan karakter Hindu pada anak. 3) Sikap disiplin anak pada saat melakukan ibadah atau sembahyang dengan baik dan benar. Implikasi dari penelitian ini adalah secara teoritis, karakter Hindu dapat dibangun pada diri anak melalui pembiasaan sikap beragama. Secara praktis karakter Hindu pada anak akan sangat efektif apabila terdapat dukungan dari guru dan lingkungan sekitar anak. Guru dapat memberikan tindakan yang mengarahkan anak untuk membangun pemahaman konsep agamanya.
Kata Kunci: Karakteranak, karakter Hindu, kecerdasan moral agama.
Bibliografi : lembar 126-130
SS00009168 | SK 9168 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain