Text
Profil strategi coping pada prokrastinator akademik mahasiswa bimbingan dan konseling fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Jakarta
PROFIL STRATEGI COPING PADA PROKRASTINATOR AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA (2016) Yeffi Anugratiwi Yulin ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik profil strategi coping pada prokratsinator akademik mahasiswa Jur usan Bimbingan dan Konseling FIP UNJ angkatan 2013-2015. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan jenis penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 145 orang mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive sehingga diperoleh sebanyak 68 orang mahasiswa yang berada pada kategori prokratsinator akademik. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen yang terdiri dari dua angket yaitu Prokrastinasi Akademik yang dibuat berdasarkan teori dari Ferrari, et.al dan angket Strategi Coping “The Ways of Coping” yang diadaptasi dari Lazarus dan Folkman. Analisis data hasil penelitian adalah deskriptif menggunakan z score dan Crosstabs. Hasil penelitian menunjukkan profil strategi coping pada prokrastinator akademik diketahui sebanyak 29% (n=20) menggunakan problem focused coping dan sebanyak 71% (n=48) menggunakan emotion focused coping. Secara keseluruhan, mahasiswa yang cenderung menggunakan emotion focused coping sebaiknya dalam menghadapi tuntutan tugas akademik juga diharapkan menggunakan problem focused coping, karena mengingat coping jenis ini dapat bekerja lebih baik, sehingga mahasiswa dapat mengurangi atau menghindari perilaku prokrastinasi akademik.
Kata Kunci : Prokrastinator Akademik, Problem Focused Coping, Emotion Focused Coping.
Bibliografi : lembar 87-88
SS00008862 | SK 8862 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain