Text
Design research : penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) untuk mengembangkan pemahaman konsep pada materi pokok pencerminan untuk siswa kelas VII SMP Negeri 216 Jakarta
ABSTRAK
NOVTA CHAERLI, Design Research: Penerapan Pendekatan Pendidikan
Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Mengembangkan Pemahaman
Konsep Pada Materi Pokok Pencerminan Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 216
Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan yang
harus dimiliki siswa di dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi
pokok pencerminan (refleksi). Pemahaman konsep pencerminan ditandai dengan
kemampuan siswa dalam menjelaskan sifat-sifat dan bentuk pola dari pencerminan.
Melalui pemahaman konsep pencerminan, siswa tidak hanya sekedar menghafal
proses penggunaan metode formal, tetapi dapat mengaplikasikan konsep metode
formal secara tepat dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pencerminan.
Pengembangan pemahaman konsep pencerminan pada penelitian ini menggunakan
pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Hal ini
dikarenakan prinsip dan karakteristik pada PMRI dapat menciptakan suatu proses
lintasan belajar yang meningkatkan keaktifan siswa untuk menemukan konsep atau
metode formal dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan
pencerminan. Karakteristik tersebut adalah menggunakan masalah kontekstual,
menggunakan model, menggunakan kontribusi dan produksi siswa, interaktif, dan
keterkaitan (intertwinment).
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi design
research. Tujuan dari design research adalah untuk mengembangkan teori
mengenai bagaimana proses belajar siswa dan bagaimana cara untuk mendukung
proses belajar. Design research terdiri dari 3 fase siklik, yaitu fase thought
experiment, instruction experiment, dan analisis retrospektif. Ketiga fase tersebut
dijadikan landasan untuk merancang tahapan pembelajaran yang harus dilalui siswa
dalam mengembangkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan
pencerminan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pendekatan PMRI dapat
mengembangkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan
pencerminan melalui tiga aktivitas, yaitu aktivitas melukis bayangan dengan
menggunakan simetri lipat, aktivitas menentukan pola bayangan pencerminan
terhadap sumbu x, sumbu y, dan titik asal O(0,0), dan aktivitas menentukan pola
bayangan pencerminan terhadap garis y=x dan garis y=-x.
Kata Kunci: Design Research, Kemampuan Pemahaman Konsep, Pencerminan,
PMRI.
Bibliografi : lembar 100-103
SS00008904 | SK 8904 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain