Text
Pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan cd pemeblajaran interaktif pada pokok bahasan aljabar di kelas VII SMP dengan pendekatan contektual teaching and learning
ABSTRAK
Wahyuningsih. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan CD Pembelajaran Interaktif pada Pokok Bahasan Aljabar di Kelas VII SMP dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan lmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika menggunakan Compact Disk (CD) pembelajaran interaktif dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan aljabar untuk kelas VII SMP. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa penelitian ini diperlukan untuk menghasilkan media pembelajaran pada pokok bahasan aljabar kelas VII dengan penyajian yang menarik dan interaktif sehingga diharapkan dapat membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan, lebih interaktif dan materi aljabar dapat lebih mudah dipahami siswa serta tujuan pembelajaran tercapai. Penerapan CTL pada CD pembelajaran interaktif ini dengan memuat komponen-komponen dari pendekatan CTL seperti konstruktivisme, inkuiri, bertanya, pemodelan, masyarakat belajar, penilaian nyata, dan refleksi.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama analisis kebutuhan. Tahap kedua pengembangan produk dengan membuat rancangan produk awal yang dimulai dari pembuatan GBIM, dilanjutkan dengan membuat jabaran materi, kemudian storyboard, dan menuangkan storyboard ke dalam CD pembelajaran interaktif. Tahap ketiga uji coba ahli, revisi, evaluasi guru dan evaluasi satu-satu, revisi, uji kelompok kecil, revisi, uji kelompok besar, revisi sampai menghasilkan produk akhir.
Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran matematika menggunakan CD pembelajaran interaktif pada pokok bahasan aljabar di kelas VII SMP dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang telah dinyatakan baik sehingga layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Kelayakan ini ditunjukkan oleh hasil analisis ahli materi dan bahasa yang memperoleh rata-rata persentase setiap indikator sebesar 95,98% dimana berdasarkan interpretasi skor instrumen menggunakan skala Likert dikategorikan sangat baik. Hasil analisis ahli media pembelajaran memperoleh rata-rata persentase setiap indikator sebesar 95,22% dikategorikan sangat baik. Hasil evaluasi guru memperoleh rata-rata persentase setiap indikator sebesar 92,06% dikategorikan sangat baik. Begitu juga hasil evaluasi satu-satu pada siswa sebesar 87,78% dikategorikan sangat baik, uji coba skala kecil sebesar 82,78% dikategorikan sangat baik, dan uji coba skala besar sebesar 84,90% dikategorikan sangat baik. Berdasarkan semua hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Media Pembelajaran Matematika, CD Pembelajaran Interaktif, Contextual Teaching and Learning (CTL)
Bibliografi : lembar 84-85
SS00008903 | SK 8903 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain