Text
Pengembangan media pembelajaran cd interaktif dengan pendekatan teori belajar bermakna pada materi lingkaran kelas VIII
ABSTRAK
ElikaHerliana. Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Dengan Pendekatan Teori Belajar Bermakna Pada Materi Lingkaran Kelas VIII. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Desember 2015.
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran matematika yang dapat dijadikan media alternative pendukung dalam proses pembelajaran dan mampu menciptakan suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan serta lebih interaktif, sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi yangdisampaikan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Berdasarkan kegiatan awal berupa analisis kebutuhan yang telah dilakukan kepada siswa dalam bentuk penyebaran angket dan kepada guru dalam bentuk wawancara, diperoleh informasi bahwa diperlukan pengembangan media pembelajaran berupa CD interaktif pada materi lingkaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang sesuai, seperti pendekatan Teori Belajar Bermakna. Penerapan pendekatan Teori Belajar Bermakna pada CD interaktif ini memuat tahapan pengaturan awal, diferensiasi progresif, dan belajar superordinat.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang terdiri dari tiga tahap.Tahap pertama adalah penelitian awal berupa analisis kebutuhan. Tahap kedua adalah tahap pengembangan produk, yaitu membuat rancangan awal berupa GBIM, jabaran materi, dan storyboard. Hasil rancangan awal tersebut kemudian dituangkan ke dalam CD interaktif menggunakan software Adobe Flash Professional CS5. Tahap ketiga adalah tahap uji coba ahli yang terdiri dari ahli materi dan bahasa serta ahli media pembelajaran, revisi, evaluasi guru dan satu-satu, uji kelompok kecil, uji kelompok besar, hingga menghasilkan produk akhir.
Hasil angket dari uji coba ahli materi dan bahasa jika dilihat dari rata-rata persentase setiap aspek adalah sebesar 86,3%. Sementara untuk uji coba ahli media pembelajaran adalah sebesar 86%. Penilaian dari evaluasi guru memperoleh 85,8%, evaluasi satu-satu sebesar 90.4%, uji coba kelompok kecil sebesar 90,5%, dan uji coba kelompok besar sebesar 87,5%. Berdasarkan interpretasi skor instrument penelitian dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan sudah sangat baik untuk dijadikan media pembelajaran di sekolah.
Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, CD Interaktif, Teori Belajar Bermakna, Lingkara
Bibliografi : lembar 91-92
SS00008902 | SK 8902 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain