Text
Design Research : mengembangkan pembelajaran volum prisma dan limas dengan menggunakan strategi react untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematik siswa kelas VII SMPN 71 Jakarta
ABSTRAK
YUNI HAFSARI. Design Research: Mengembangkan Pembelajaran Volum Prisma dan Limas dengan Menggunakan Strategi REACT Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa Kelas VIII SMPN 71 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2016.
Siswa jarang sekali, bahkan tidak pernah diajak untuk mencari dan menemukan sendiri rumus dari volum bangun ruang, selain itu salah satu kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal volum prisma dan limas adalah kesalahan yang berhubungan dengan materi prasyarat. Hal ini berkaitan erat dengan kemampuan koneksi matematik yang harus dimiliki siswa. Namun hasil belajar matematika siswa selama ini masih belum menggembirakan khususnya dalam aspek koneksi matematik. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya dan juga hasil tes kemampuan awal menunjukkan bahwa aspek kemampuan koneksi antar topik merupakan kemampuan dengan presentase rendah. Oleh sebab itu penelitian ini difokuskan pada peningkatan kemampuan koneksi antar topik matematik. Sebagai upaya meningkatkan kemampuan koneksi antar topik ini, maka dibuat suatu design pembelajaran dengan menerapkan suatu strategi pembelajaran kontekstual dengan komponen Relating, Experiencing, Applying, Cooperating dan Transferring (REACT). Strategi REACT dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematik karena pada tahap-tahap pembelajarannnya dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan koneksinya.
Penelitian ini dilakukan di SMPN 71 Jakarta dengan menggunakan metode Design Research yang terdiri dari tiga fase. Fase pertama adalah fase persiapan dan desain, fase kedua adalah fase eksperimen mengajar di kelas dan fase ketiga adalah fase analisis restrospektif . Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah foto, lembar kerja siswa (LKS), lembar hasil wawancara, lembar catatan lapangan dan hipotesis lintasan belajar. Validitas yang digunakan adalah validitas internal dan validitas eksternal, sedangkan reliabilitas yang digunakan adalah reliabilitas internal dan reliabilitas eksternal. Dalam reliabilitas internal memperhatikan adanya triangulasi dalam melakukan penilaian maupun pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis retrospektif, aktivitas pertemuan pertama membantu siswa dapat memahami konsep volum dan mengkoneksikannya dengan topik perbandingan. Selanjutnya pada aktivitas pertemuan kedua membantu siswa menemukan kembali rumus volum prisma dan mengkoneksikannya dengan topik lain yaitu topik bangun datar, jaring-jaring bangun ruang, perbandingan, dalil Phytagoras dan kombinasi bangun ruang lain. Kemudian aktivitas pada pertemuan ketiga membantu siswa dapat menemukan kembali rumus volum limas dan mengkoneksikannya dengan topik yang sama pada pertemuan kedua.
Kata Kunci: Design Research, Volum Prisma dan Limas, Kemampuan Koneksi
Matematik, Strategi REACT
Bibliografi : lembar 212-214
SS00008901 | SK 8901 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain