Text
Proses pembentukan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun dalam mengikuti kegiatan karate (penelitian kualitatif di sanggar purnama, Jakarta Barat)
PROSES PEMBENTUKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM MENGIKUTI KEGIATAN KARATE
(Penelitian Kualitatif Fenomenologis di Sanggar Purnama, Jakarta Barat)
(2015)
SELA SARASATI SETIAJI
ABSTRAK
Peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai proses pembentukan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun dalam mengikuti kegiatan karate di Sanggar Purnama, Jakarta Barat.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan dilaksanakan pada anak yang berusia 4-5 tahun Sanggar Purnama, Jakarta Barat. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verivikasi data. Pemeriksaan data dilakukan dengan pemanjangan pengamatan.
Temuan hasil penelitian menunjukka bahwa proses pembentukan kepercayaan diri anak usia 4-5 tahun dalam kegiatan karate di Sanggar Purnama, Jakarta Barat 1) anak mampu menghargai diri dengan menerima kelebihan dan kekurangan yang ada padanya dengan mencintai dirinya, hingga ia melakukan suatu hal yang mempunyai tujuan dengan caranya sendiri tanpa menjadi orang lain, 2) anak mampu mejalin relasi dengan pelatih dan sesama peserta, lalu menyaring informasi serta pendapat yang datang padanya dengan pikiran yang positif baru ia aplikasikan, 3) anak mampu menyelesaikan masalah dengan mengerahkan dan menggunakan segala kemampuannya dengan mencoba dan berusaha, 4) orangtua ikut berperan membantu anak mengambil keputusan.
Implikasi dari hasil penelitian adalah secara teoritis, dalam mengikuti kegiatan karate dapat dijadikan kegiatan yang mendukung pembentukan kepercayaan diri anak.
Kata kunci: Pembentukan Kepercayaan Diri, Anak Usia 5-6 Tahun
Bibliografi : lembar 127-128
SS00009175 | SK 9175 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain