Text
Pengaruh kegiatan tari kreatif terhadap keterampilan motorik kasar anak usia 5-6 tahun (studi eksperimen di tk Kartika X-18 Kramat Jati Jakarta Timur)
PENGARUH KEGIATAN TARI KREATIF TERHADAP KETERAMPILAN
MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN
(Studi Eksperimen di TK Kartika X-18 Kramat Jati Jakarta Timur)
(2016)
Irma Ratna Juwita
ABSTRAK
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan tari
kreatif terhadap keterampilan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Sampel
dalam penelitian ini adalah 15 anak berusia 5-6 tahun di TK Kartika X-18
yaitu sebagai kelompok eksperimen dan 15 anak berusia 5-6 tahun di TK
Mambaul ‘Ula yaitu sebagai kelompok control. Pengambilan sampel
menggunakan teknik cluster random sampling dan simple random sampling.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain
randomaized post-test only control group design. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan observasi dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan motorik kasar anak
kelompok eksperimen lebih tinggi yaitu 42,47 dibandingkan keterampilan
motorik kasar anak kelompok kontrol yaitu 39,8. Dengan demikian terdapat
pengaruh kegiatan tari kreatif terhadap keterampilan motorik kasar anak usia
5-6 tahun. Implikasi hasil penelitian ini adalah penerapan kegiatan tari kreatif
akan memungkinkan anak untuk dapat mengembangkan ide, perasaan
dalam mengembangkan gerak dasar anak yang dapat mempengaruhi
keterampilan motorik kasar anak. Oleh karena itu hendaknya guru
menambah wawasan mengenai kegiatan tari kreatif dalam pengembangan
keterampilan motorik kasar anak.
Kata Kunci: Kegiatan Tari Kreatif, Keterampilan Motorik Kasar Anak
Bibliografi : lembar 136-139
SS00009176 | SK 9176 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain